Waspadai Bahayanya, Ini Cara Mengatasi Perut Kekenyangan!

Semua yang berlebihan hampir selalu berujung pada sesuatu yang tidak baik, termasuk soal makan. Kita dianjurkan untuk makan secukupnya, alih-alih hingga kekenyangan. Sebab, ternyata ada banyak efek negatif dari kekenyangan. Namun, namanya manusia, terkadang kita khilaf. Sebagai bentuk antisipasi dalam menghindari risiko masalah kesehatan, perlu kiranya mengetahui cara mengatasi perut kekenyangan.

Kendati banyak cara mengatasi perut kekenyangan, tetapi sebaiknya kita melakukan tindakan preventif seperti selektif dalam memilih makanan dan memastikan porsi makanan kita sesuai dengan kapasitas lambung. Pasalnya, ketika sudah terlanjur kekenyangan, akan lebih sulit meredakannya.

Ingat, cara mengatasi perut kekenyangan ini bukan berarti dapat dijadikan “senjata” atau dalih bagi Anda untuk makan dengan kalap. Cara-cara di bawah ini harusnya disikapi sebagai bentuk kewaspadaan yang ketika pada saat-saat tertentu bisa dijadikan semacam upaya mitigasi.

Berikut cara mengatasi perut kekenyangan yang dimaksud:

  • Lakukan beberapa gerakan kecil

Salah satu dampak kekenyangan adalah menjadikan seseorang malas bergerak. Jangan terlena dengan situasi ini! Anda harus melawan rasa itu dan melakukan beberapa gerakan untuk meredakan kekenyangan yang Anda derita.

Bergerak ringan  akan membantu makanan melewati usus lebih cepat dan meringankan rasa mulas segera yang kemungkinan timbul ketika begah. Berjalan juga membantu Anda dalam mengurangi kadar gula darah dan trigliserida yang umumnya terjadi setelah makan banyak. 

  • Minum air putih

Saat perut Anda kekenyangan sangat dianjurkan untuk minum air putih yang cukup. Air putih  akan menyerap lebih cepat makanan di perut Anda. Selain itu, air putih  akan mendorong makanan dan membantu buang air besar jadi lebih cepat sehingga perut Anda jadi lega kembali. 

  • Bersendawa

Bersendawalah dengan posisi tubuh tegak, maka gas akan naik ke atas perut dan keluar dari kerongkongan. Upaya ini dilakukan untuk melegakan perut Anda. Namun, ingat, kadang bersendawa dinilai tidak sopan jika Anda sedang berada di posisi yang tidak tepat.

  • Kentut

Sama seperti bersendawa kentut saat perut kekenyangan akan membuat perut kembali lega. Pasalnya, kentut akan membantu mengurangi tekanan internal dan peregangan tidak nyaman di perut Anda. Namun, pastikan pula agar Anda tidak kentut sembarangan.

  • Memilih pakaian yang tepat

Jika memungkinkan, mengganti pakaian adalah salah satu cara mengatasi perut kekenyangan terbaik yang Anda bisa. Menggunakan pakaian yang longgar saat kekenyangan bisa membuat Anda bernapas dan lebih relax untuk membuat organ pencernaan bekerja dengan lebih baik.

***

Itulah beberapa upaya sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi perut kekenyangan agar terhindar dari risiko masalah kesehatan, seperti:

  • Perubahan kondisi tubuh

Jika seseorang makan melebihi porsi normal mereka, secara alamiah metabolisme tubuh akan berubah. Detak jantung akan naik dan secara otomatis tubuh akan mulai berkeringat seakan-akan berada di dalam sauna.

  • Menyimpan banyak gas dalam tubuh

Proses pencernaan makanan secara alami akan meningkatkan produksi atau jumlah gas di dalam tubuh. Padahal, gas ini merupakan sebab utama terjadinya masalah dalam organ pencernaan, misalnya asam lambung dan sebagainya.

  • Organ pencernaan bekerja lebih lambat

Jumlah makanan yang di luar batas menambah beban kerja organ pencernaan. Padahal, jumlah enzim yang dibutuhkan untuk mencerna makanan terbatas. Dengan demikian proses pencernaan ini akan berlangsung lebih lama daripada biasanya. Inilah alasan mengapa Makan secara berlebihan amat berkaitan dengan beragam masalah pencernaan.

Jika dibiarkan berlarut-larut dan dilakukan terus menerus, bukan tidak mungkin kekenyangan akan menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius. Oleh karenanya, pastikan Anda selalu berhenti makan sebelum benar-benar kenyang. Biarkan organ pencernaan Anda bekerja dengan porsi yang semestinya agar mekanisme tubuh tetap pada ritmenya.

Namun, jika suatu saat Anda tak mampu menghindari kondisi kekenyangan. Cara mengatasi perut kekenyangan di atas boleh Anda coba. Setidaknya, ada upaya yang Anda lakukan agar kekenyangan yang dirasakan tidak menyebabkan masalah-masalah turunannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *