Waspada Vertigo sebagai Gejala Penyakit Meniere

Pusing berputar yang sering dialami oleh seseorang umumnya menjadi gejala utama penyakit vertigo. Namun, jika penyakit ini terjadi dalam intensitas yang cukup tinggi, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari, tentu harus segera diatasi. Belum lagi, ternyata vertigo dapat menjadi tanda adanya penyakit lain yang diderita, yaitu penyakit meniere.

Penyakit meniere adalah sebuah penyakit gangguan pada telinga. Gangguan ini disebabkan oleh penumpukan cairan pada telinga bagian dalam. Walaupun begitu, penyebab terjadinya penumpukan cairan ini belum diketahui secara jelas.

Terdapat beberapa faktor yang dikenali menjadi penyebab terjadinya penyakit meniere. Faktor penyebab tersebut dapat berupa terjadinya sirkulasi cairan yang buruk di dalam telinga, adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh, infeksi virus meningitis, alergi, cedera kepala, migrain, serta riwayat kesehatan keluarga yang memiliki penyakit serupa.

Salah satu gejala yang umumnya timbul pada penyakit meniere adalah pusing yang menyebabkan efek berputar. Vertigo yang terjadi pada seseorang yang menderita penyakit meniere dapat berlangsung hingga 20 menit bahkan berjam-jam lamanya dan dapat terjadi dalam selang waktu tidak lebih dari 24 jam.

Gejala lain yang mungkin timbul, yaitu telinga berdenging atau yang juga disebut sebagai tinitus, menurunnya kemampuan mendengar secara tajam, dan juga adanya perasaan seakan-akan telinga terasa penuh.

Penyakit meniere biasanya menimpa kelompok umur 40-60 tahun. Gangguan ini biasanya hanya terjadi pada salah satu sisi telinga saja.

Proses mendiagnosis penyakit meniere dilakukan dengan melakukan pemeriksaan fisik, terutama pada bagian telinga. Selain itu, dokter juga akan melakukan tes pendengaran dan keseimbangan. Hal ini dilakukan untuk membedakan gejala penyakit meniere dengan penyakit yang memiliki gejala serupa, seperti vertigo perifer atau otitis media supuratif kronis. Hasil diagnosis dari pemeriksaan tersebut dapat memengaruhi metode penanganan dan terapi yang akan diberikan pada pasien.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda berkonsultasi dengan dokter untuk permasalahan yang Anda hadapi, yaitu:

  • Membuat daftar gejala yang selama ini dirasakan.
  • Menuliskan informasi dengan rinci mengenai kondisi kesehatan hingga riwayat medis keluarga.
  • Menuliskan semua jenis obat, vitamin, maupun suplemen yang sedang dikonsumsi lengkap dengan besaran dosis.
  • Siapkan beberapa pertanyaan yang Anda akan ajukan kepada dokter.
  • Temui dokter bersama dengan anggota keluarga atau teman agar membantu Anda mengingat informasi yang disampaikan oleh dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *