Wanita Usia Lanjut? Manfaatkan Promo Cek Kesehatan Berikut Ini, Yuk!

Wanita Usia Lanjut? Manfaatkan Promo Cek Kesehatan Berikut Ini, Yuk!

Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang penting. Caranya tidak sulit, kamu bisa memulainya dengan menjaga asupan makanan sehat dan rajin berolahraga. Menjaga kesehatan ini ditujukan untuk mencegah datangnya penyakit. Namun, untuk memantau kondisi kesehatan kamu bisa melakukannya dengan cara melakukan pemeriksaan fisik atau medical check up. Salah satu caranya adalah dengan memesan pemeriksaan kesehatan di SehatQ. Selain menjadi lebih praktis, Anda juga bisa mendapatkan promo cek kesehatan yang menguntungkan.

Medical check up adalah pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara menyeluruh. Tujuannya untuk memastikan kondisi kesehatan, serta mengantisipasi gangguan kesehatan yang dapat berkembang menjadi penyakit. Pemeriksaan fisik dan kesehatan ini umumnya direkomendasikan untuk dilakukan oleh orang yang memiliki indikasi tertentu, dan jenis pemeriksaan akan disesuaikan dengan kebutuhannya.

Sebelum melakukan medical check up, terdapat beberapa tahapan yang harus Anda lakukan agar hasil pemeriksaan mendapatkan hasil maksimal.

  • Wawancara Riwayat Kesehatan. Langkah pertama yang dilakukan dengan menanyakan beberapa kondisi umum, penyakit, dan operasi yang pernah dijalani dan obat-obatan yang pernah dikonsumsi. Kemudian, dokter melanjutkannya dengan pertanyaan tentang gaya hidup, seperti kebiasaan merokok, pola makan, dan olahraga. Selain itu, dokter menanyakan tentang riwayat penyakit tertentu dari keluarga, seperti diabetes mellitus, serangan jantung, atau kanker.
  • Pemeriksaan Fisik Menyeluruh. Pemeriksaan secara fisik dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh. Beberapa pemeriksaan tersebut, meliputi pengukuran tekanan darah, detak jantung, denyut nadi, pemeriksaan pernapasan, kulit, abdomen, leher, kelenjar getah bening, dan refleks saraf. Melalui pemeriksaan fisik ini, dokter mengetahui tanda-tanda penyakit yang dapat terjadi.
  • Pemeriksaan Pendukung. Selain pemeriksaan fisik, dokter juga merujuk untuk melakukan tes darah dan tes urine di laboratorium. Pemeriksaan darah dan urine ini bertujuan untuk mendeteksi kemungkinan gangguan metabolik, seperti diabetes mellitus atau penyakit ginjal. Pemeriksaan dengan treadmill dilakukan untuk mengetahui tingkat kebugaran dan kesehatan jantung.
  • Wawancara Akhir. Setelah menjalani semua tes, maka diakhiri wawancara akhir yang mana dokter memberikan saran kesehatan terkait hasil pemeriksaan.

Pemeriksaan cek kesehatan menjadi sangat penting bagi wanita yang sudah memasuki usia lanjut. Beberapa pemeriksaan ini dapat dilakukan oleh wanita yang berusia 40 hingga 60 tahun dan wanita dengan usia di atas 65 tahun.

Cek Kesehatan untuk Wanita Usia 40 hingga 60 tahun

  1. Mammogram

Sebenarnya semua wanita dianjurkan untuk menjalani mamografi untuk mendeteksi kanker payudara. Namun, seberapa sering pemeriksaan perlu dilakukan bervariasi pada tiap wanita, tergantung usia. Satuan Tugas Layanan Pencegahan Amerika Serikat menganjurkan cek kesehatan mammogram setiap dua tahun sekali untuk wanita berusia antara 50–74 tahun. Wanita di bawah 50 tahun perlu membicarakannya dengan dokter untuk menentukan seberapa sering mamografi perlu dilakukan. 

  1. Pemeriksaan Payudara

Memasuki usia 40-an, Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan payudara setiap tahun. Petugas medis akan memeriksa payudara kamu secara visual dan manual untuk mengetahui perbedaan ukuran atau bentuk, ruam, dan benjolan. Petugas mungkin juga akan memeriksa untuk melihat apakah putting Anda menghasilkan cairan saat diremas dengan lembut. Anda pun juga perlu menyadari bagaimana payudara terlihat dan terasa serta melaporkan setiap perubahan kepada dokter.

  1. Skrining Kanker Usus Besar

Setelah berusia 50 tahun, kamu perlu mulai melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi kanker usus besar. Rangkaian tes yang dianjurkan meliputi:

  • Tes tinja tahunan.
  • Sigmoidoskopi fleksibel (setiap lima tahun sekali).
  • Kolonoskopi (setiap 10 tahun).
  • Barium enema kontras ganda (setiap lima tahun).
  • Kolonoskopi tomografi terkomputasi (setiap lima tahun).

Cek Kesehatan untuk Wanita Usia 65 Tahun ke Atas

  1. Tes Kepadatan Tulang

Wanita berusia 65 tahun ke atas perlu diskrining untuk kemungkinan osteoporosis. Bila pernah mengalami patah tulang, maka Anda perlu melakukan tes kepadatan tulang setelah mengalami menopause. Anda juga perlu menjalani tes ini bila berusia di bawah 65 tahun dan memiliki risiko patah tulang yang tinggi.

  1. Tes Pendengaran

Audiogram adalah pemeriksaan pendengaran di berbagai nada dan tingkat intensitas. Wanita yang berusia 65 tahun ke atas mungkin perlu melakukan pemeriksaan ini setahun sekali.

Promo cek kesehatan ini tentunya akan sangat menguntungkan Anda. Cek kesehatan memang sangat penting bagi siapa tanpa terkecuali. Kondisi tubuh yang sehat dan baik merupakan idaman bagi semua orang. Jadi, jagalah kondisi tubuh Anda agar tidak menyesal di masa tua nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *