Wajib Tahu! Ini Bahaya Kebanyakan Minum Air Putih

Kebanyakan minum air putih ternyata, bisa merugikan dan memberikan dampak bahaya bagi tubuh. Tamara Hew-Butler, seorang profesor Studi Latihan dan Olahraga di Wayne State University telah melakukan penelitian yang difokuskan pada disregulasi cairan. 

Minum air putih secara rutin dalam jumlah yang tepat sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh, seperti menggerakkan hampir semua fungsi biologis, mengatur suhu internal, membuang limbah melalui buang air kecil, mendukung pencernaan dan metabolisme, melumasi sendi kita, dan banyak lagi. 

Akan tetapi, bukan berarti Anda dapat minum lebih banyak air putih dari takaran yang dianjurkan. Kebanyakan minum air putih berpotensi membahayakan kesehatan Anda.

Kebijaksanaan konvensional mengatakan untuk minum delapan gelas air sehari — tetapi sungguh, bukankah itu tergantung pada seberapa besar gelasnya? Apakah kita berbicara gelas jus atau botol besar? Asupan cairan harian yang cukup adalah sekitar 3,7 liter untuk pria dan sekitar 2,7 liter untuk wanita.

Tetapi jumlah yang disarankan perlu disesuaikan untuk berbagai faktor, termasuk seberapa aktif Anda, lingkungan seperti apa yang Anda tinggali (iklim yang lebih panas menyebabkan lebih banyak kehilangan air), berat badan, atau jika Anda sedang hamil.

Bagaimana Anda bisa kebanyakan minum air putih?

Meski jarang, keracunan air adalah kondisi nyata. Nama medis untuk keracunan air adalah hiponatremia. Kondisi ini terjadi ketika konsentrasi natrium dalam darah sangat rendah. Ketika ini terjadi, kadar air tubuh akan meningkat, dan sel-sel mulai membengkak. Pembengkakan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Tidak ada pedoman resmi tentang berapa banyak air yang harus diminum, tetapi para ahli mengatakan jumlah maksimum air yang dapat diminum oleh seseorang dengan fungsi ginjal normal adalah 800 hingga 1.000 mL/jam (sekitar 4 gelas) untuk menghindari gejala hiponatremia.

Bahaya kebanyakan minum air putih

1. Ketidakseimbangan elektrolit

Elektrolit (seperti kalium, natrium, dan magnesium) membantu mengatur fungsi ginjal dan jantung Anda. Fungsi vital dapat terganggu pada saat Anda minum terlalu banyak air dan mengubah sistem tubuh Anda menjadi berantakan dari biasanya.

2. Retensi/pembengkakan cairan

Salah satu dampak negatif dari minum terlalu banyak air adalah rendahnya kadar natrium dalam darah, yang dapat menyebabkan sel-sel tubuh membengkak dan menahan cairan.

3. Masalah kandung kemih

Kebanyakan minum air putih dapat meningkatkan frekuensi dan gejala Overactive Bladder (OAB). Bahkan jika Anda tidak menderita OAB, kandung kemih Anda bisa terkena. Minum berlebihan membutuhkan upaya otot yang lebih besar daripada minum saat haus. Otak akan mencoba untuk mencegah minum berlebihan yang menyebabkan kencing kronis (poliuria), dan modifikasi pipa internal seperti distensi kandung kemih.

4. Disfungsi ginjal

Ginjal yang sehat adalah organ yang gesit yang biasanya mampu menyesuaikan jumlah air yang mereka perintahkan untuk disimpan atau dikeluarkan oleh tubuh Anda—tetapi ginjal bisa kewalahan. Minum terlalu banyak air, membuat ginjal tidak dapat membuang kelebihan air yang sduah masuk ke dalam tubuh Anda.

5. Kematian

Dalam kasus yang parah, dampak buruk kebanyakan minum air putih berupa edema serebral (pembengkakan otak), gagal jantung, dan penutupan organ lainnya bisa berakibat fatal. Kematian sangat jarang terjadi, tetapi terjadi karena kontes minum air, rehidrasi berlebihan setelah berpartisipasi dalam olahraga, dan dalam situasi pelatihan militer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *