Tips & Trik Saat Bercukur Agar Nyaman dan Minim Iritasi

Bercukur sudah menjadi kebiasaan bagi kaum pria. Sebab, rambut wajah yang terus tumbuh dan tidak dicukur serta dirapikan hanya akan membuat wajah terlihat kurang rapi dan ini terkadang bisa mengganggu tampilan pria. Dalam mencukur atau merapikan rambut pada wajah pun tak boleh asal-asalan. Harus tau kiat dan tips yang tepat agar rutinitas bercukur tetap nyaman dan terhindar dari masalah kulit yang mungkin terjadi seperti iritasi.

1. Jangan pernah berbagi pisau cukur

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghindari resiko ketika bercukur adalah tidak berbagi pisau cukur. Berbagi pisau cukur hanya akan memindahkan bakteri orang lain pada kulit Anda. Hal ini bisa memicu berbagai masalah kulit dapat terjadi bahkan terburuknya hingga infeksi.

2. Akan lebih baik jika kulit lembab

Sebelum mencukur, sebaiknya lembabkan bagian kulit baik dengan air, shaving foam, atau gel dan lotion lain khusus untuk cukur. Jika Anda tak punya beberapa peralatan diatas, air hangat yang dibasuh pada permukaan kulit wajah juga sudah cukup melembabkan kondisi kulit. Kondisi kulit yang lembab akan membantu kinerja pisau cukur menjadi lebih baik sehingga dapat mengurangi iritasi yang mungkin terjadi.

3. Rajin eksfoliasi

Rajin mengeksfoliasi kulit wajah dapat mengangkat sel kulit mati pada kulit. Hal Ini akan membantu permukaan kulit menjadi sedikit lebih rata sehingga proses pencukuran dapat lebih mudah. Anda dapat menggunakan dengan scrub khusus wajah untuk mengangkat sel kulit mati. namun jika tidak memiliki scrub wajah dirumah, gunakan waslap basah lalu gosok perlahan pada area wajah yang ingin dieksfoliasi sebelum bercukur.

4. Cukur searah dengan pertumbuhan rambut

Akan lebih baik jika mencukur rambut searah dengan pertumbuhan rambut pada wajah. Hal ini bisa meminimalisir terjadinya masalah kulit setelah proses pencukuran seperti iritasi pada wajah. Untuk itu, penting agar selalu memperhatikan arah pertumbuhan rambut sebelum mencukurnya.

5. Rajin mengganti pisau cukur

Penggunaan pisau cukur yang tetap tajam juga penting dalam proses mencukur agar terhindar dari masalah kulit yang dapat terjadi. Biasanya, pisau akan mulai berkurang ketajamannya setelah 5-7 kali pemakaian. Saat pisau cukur terus tajam, proses pencukuran rambut pada wajah akan lebih gampang dan hal ini akan menghindari gerakan berulang yang dapat menyebabkan iritasi. Salah satu produk yang dapat Anda coba adalah gillette vector refill. Pisau cukur satu ini memiliki 4 buah pisau refill yang dapat digunakan saat ketajaman pisau sudah mulai berkurang. Beberapa kelebihan pisau cukur gillette vector refill:

– Menghasilkan hasil cukuran yang lebih rapi dalam waktu singkat

– Memiliki dua mata pisau sekaligus sehingga hasilnya dapat lebih bersih dan rapi

– Dapat dengan mudah mengikuti bentuk wajah sehingga lebih nyaman ketika digunakan

– Menggunakan pelumas ekstrak lidah buaya sehingga lebih nyaman di kulit

Dengan harga sekitar Rp.40.000-Rp.45.000 Anda sudah bisa mendapatkan produk ini untuk melengkapi keperluan cukur dirumah.

6. Pastikan pisau cukur selalu bersih dan kering

Untuk meminimalisir bakteri pada alat cukur, penting untuk memastikan bahwa pisau cukur selalu dibersihkan setiap kali selesai penggunaan. Kemudian, pastikan juga sudah mengeringkan dengan baik sebelum alat disimpan. Alat cukur yang kotor dan lembab hanya akan berpotensi mengundang kuman dan bakteri datang dan jika dibiarkan bisa berakibat buruk pada kulit. 

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar proses mencukur tetap nyaman dan minim iritasi. Mempersiapkan kulit dengan baik dan selalu rajin mengganti pisau menggunakan dengan menggunakan pisau cukur gillette vector refill  dinilai akan dapat membuat proses mencukur lebih nyaman dan terhindar dari iritasi kulit. Pastikan juga kulit sedang tidak dalam keadaan berjerawat atau mengalami masalah lain saat hendak bersyukur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *