Tips Memilih Susu Formula Terbaik untuk Bayi 1 Tahun

Mencari susu formula terbaik untuk bayi 1 tahun tidak boleh asal. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan supaya minuman tersebut benar-benar memiliki manfaat yang baik untuk tumbuh kembang si kecil. Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli susu formula terbaik untuk bayi 1 tahun. Berikut ini beberapa tips memilihnya termasuk pertanyaan yang kerap muncul ketika Anda bingung mencarikan susu formula terbaik untuk bayi 1 tahun.

1. Apa yang harus saya ketahui ketika memilih susu yang tepat untuk balita?

  • Ketahui pilihan susu apa yang tersedia
  • Pelajari pro dan kontra dari setiap pilihan susu
  • Memastikan anak Anda akan mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan dari susu tersebut.

Selain ketiga poin di atas, Anda juga harus tahu transisi dari ASI ke susu formula pada 1 tahun bisa menjadi tonggak perubahan yang cukup menarik dan harus Anda perhatikan. Pada usia 1 tahun, makanan padat harus menjadi sumber utama nutrisi si kecil. Artinya, bayi Anda semakin tidak bergantung pada ASI dan harus diimbangi dengan susu formula.

Susu formula terbaik untuk satu tahun

Selanjutnya, balita akan melanjutkan tingkat pertumbuhan yang stabil selama tahun kedua kehidupan mereka. Balita akan mulai memerlukan tambahan lemak dalam menunjang perkembangan otak dan meningkatnya kebutuhan nutrisi, seperti kalsium, vitamin D, dan zat gizi mikro lainnya. Susu sapi murni adalah sumber yang berharga dari nutrisi yang dibutuhkan ini.

Anda dapat membantu mendorong bayi untuk diberikan susu formula pada usia 1 tahun. Anda akan mengajari anak menyapih menggunakan susu formula ketika mereka berada di usia antara 12 dan 14 bulan. Bayi yang diberikan susu formula dapat terus minum ASI selama ibu dan bayi menginginkannya.

Haruskah saya memilih susu non-dairy untuk balita?

Jika si kecil alergi terhadap susu sapi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih alternatif susu sapi. Banyak pilihan non-dairy yang lebih rendah protein, lemak, vitamin dan mineral tertentu seperti kalsium, vitamin D, dan B12 – yang semuanya kaya akan susu sapi, itulah sebabnya susu sapi direkomendasikan oleh American Academy of Pediatric. Susu kedelai tanpa pemanis adalah satu-satunya alternatif susu non-dairy yang saat ini direkomendasikan oleh para ahli anak.

Apa perbedaan antara susu sapi dan alternatif susu nabati?

Meskipun ada banyak sekali pilihan alternatif susu yang tersedia untuk dipilih, perlu diingat bahwa satu-satunya alternatif susu dan susu yang direkomendasikan oleh American Academy of Pediatrics dan ahli pediatrik lainnya adalah susu sapi dan susu kedelai.

Bagaimana cara memastikan anak saya mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan dan berapa banyak susu yang harus diminum balita?

Penting untuk diingat bahwa si kecil Anda mungkin telah menjalani diet penuh susu atau susu formula dan/atau ASI sebelum usia 1 tahun, setelah usia 1 tahun, susu harus diberikan hingga 2 hingga 3 cangkir per hari. Selain itu, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan hanya 2 hingga 3 cangkir (16 hingga 24 ons) susu atau susu alternatif per hari.

Apabila Anda masih bingung, dokter anak akan memberitahu Anda kebutuhan nutrisi balita dengan baik yang dapat membantu memberikan panduan tentang susu atau alternatif susu mana yang paling cocok.

Jika bayi Anda sensitif terhadap susu atau kedelai, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan balita tentang jenis susu mana yang pertama kali diperkenalkan. Dan jangan khawatir – banyak bayi mengatasi intoleransi susu atau protein kedelai pada usia pertama mereka. Anda dan dokter anak dapat menyusun rencana produk kedelai dan susu formula terbaik untuk bayi 1 tahun mana yang akan diperkenalkan dari setiap jenis susu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *