Tips Membeli dan Merawat Termometer Telinga

Termometer telinga atau termometer timpani (Tympanic thermometers) menjadi salah satu peralatan medis yang wajib ada di rumah. Alat ini berguna untuk mengecek suhu tubuh anggota keluarga yang sedang mengalami demam. Harapannya dengan memantau suhu tubuh, dapat menentukan aksi selanjutnya. Misalnya jika suhu tubuh si kecil masih tinggi kamu bisa memberikan obat penurun panas atau mengunjungi dokter. Jika suhu sudah turun, kamu bisa memberikan makanan sehat untuk si kecil agar lekas sembuh.

Termometer timpani merupakan alat yang bisa digunakan dalam jangka panjang. Artinya, penggunaannya tidak hanya satu kali pakai saja. Untuk memastikan kondisi termometer timpani tetap awet dan mempunyai usia pakai lebih lama, maka kamu harus mengetahui tips membeli dan merawat termometer timpani tersebut. Berikut ini adalah tips yang harus kamu tahu!
Tips membeli termometer timpani
Sebelum memiliki termometer timpani, ada baiknya kamu melakukan riset terhadap berbagai macam produk termometer. Hal ini agar kamu bisa mengetahui fitur yang tersedia hingga harga yang dari produk.

Beli di toko resmi atau toko peralatan medis
Untuk memastikan bahwa termometer yang kamu beli asli dan bukan tiruan, pastikan kamu membeli di toko resmi peralatan medis ya. Kamu juga bisa mengunjungi apotek terdekat untuk mendapatkan termometer. Hindari untuk membeli secara online apabila kamu belum yakin dengan toko online tersebut.

Pilih yang berujung melengkung
Cari dan pilih termometer timpani yang mempunyai ujung melengkung. Hal ini agar mudah dimasukkan ke dalam daun telinga. Ujung yang lurus biasanya akan sulit untuk masuk ke area dalam telinga.

Baca cara penggunaan sebelum membeli
Ada baiknya kamu membaca aturan pakai termometer sebelum membeli. Hal ini agar kamu paham siapa saja yang bisa menggunakan alat tersebut. Untuk beberapa termometer hanya bisa digunakan pada orang dewasa dan anak-anak. Bahkan bayi baru lahir tidak bisa menggunakan termometer timpani, karena lubang telinganya yang masih sempit.
Tips merawat termometer telinga
Memiliki termometer di rumah bisa menjadi hal yang dibutuhkan, apalagi saat anggota keluarga ada yang sedang demam. Dikarenakan peran termometer yang signifikan penting, maka kamu harus tahu bagaimana merawat alat ini.

Masukkan ke dalam kotak
Penggunaan termometer timpani adalah dengan memasukkan ujungnya ke dalam lubang telinga. Jadi, kamu harus menyimpannya kembali ke dalam kotak setelah selesai menggunakan termometer agar tidak jatuh dan terkontaminasi kuman.

Simpan di area yang kering dan jauhi dari sinar matahari
Agar menjaga termometer tetap awet dan tidak merusak sistem di dalamnya, kamu harus menjauhkan termometer dari panas matahari. Jadi, simpan termometer timpani di tempat yang jauh dari sinar matahari langsung ya.

Jauhkan dari jangkauan anak kecil
Jauhkan termometer timpani dari jangkauan anak kecil. Tujuannya agar si kecil tidak menyalahgunakan alat tersebut. Anak kecil belum memahami secara detail fungsi termometer. Maka dari itu simpan di tempat yang aman ya.

Jauhkan dari aliran listrik dan magnet
Ada baiknya kamu menjauhkan termometer dari sumber listrik atau magnet. Hal ini bertujuan agar termometer bisa tetap awet dan tidak cepat rusak.

Bersihkan setelah selesai digunakan
Untuk memastikan termometer tetap higienis dan steril, pastikan kamu untuk membersihkannya setelah selesai menggunakan. Kamu bisa menggunakan tisu untuk mengelap setiap sisi dan bagian dari termometer.

Membeli termometer telinga bisa menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan keluarga. Namun, kamu juga perlu merawatnya dengan baik agar tidak cepat rusak ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *