Tips Gunakan Alat Tes Kehamilan dan Kesuburan

Tips Gunakan Alat Tes Kehamilan dan Kesuburan

Ketika Anda membeli alat tes kehamilan dan kesuburan, Anda pasti berharap hasil yang Anda inginkan akan keluar. Bagi yang sedang merencanakan kehamilan, Anda pasti ingin hasil dari pengecekan alat tes kesuburan menunjukkan Anda sedang masa subur. Lalu saat sedang melakukan tes dengan alat tes kehamilan, Anda pasti ingin ada hasil positif, bukan? 

Namun, hasil negatif bisa saja Anda dapatkan jika Anda memakai alatnya tidak benar. Alhasil, Anda akan kecewa. Padahal bisa jadi, kondisi Anda sedang dalam situasi “positif” baik dari sisi masa kesuburan maupun adanya janin dalam rahim. Lalu, apa yang menyebabkan hasil tes menggunakan alat tes kehamilan dan kesuburan tidak sesuai kenyataan? 

Kondisi tersebut terjadi sangat mungkin karena Anda kurang tepat menggunakan alat-alat tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk melakukan cara tes menggunakan alat tes kehamilan dan kesuburan secara benar agar hasilnya pun akurat. 

  1. Hindari Pemakaian Terlalu Awal 

Anda mungkin sudah tidak sabar untuk melihat kondisi rahim Anda setelah berhubungan. Namun, sebaiknya hindari melakukan tes terlalu cepat karena ada kemungkinan mendapat hasil negatif palsu. Tes kehamilan menggunakan alat tes berbentuk strip sebaiknya dilakukan 3—4 hari sebelum periode menstruasi Anda datang. Ya, Anda tidak harus menunggu masa periode menstruasi terlewati!

  1. Pilih Alat yang Tepat 

Jika ingin mengecek kehamilan, cobalah mencari alat tes yang mampu mengukur kadar hCG urine di atas 5 mIU/ml. Pasalnya, angka tersebut merupakan nilai terendah sampai seseorang dikatakan tengah hamil. Umumnya, beberapa alat tes kehamilan di rumah sudah sangat akurat karena bisa mendeteksi kadar hCG urine minimal 12,5 mIU/ml. Dengan kemampuan tersebut, rata-rata alat tes kehamilan dari rumah bisa menyajikan hasil dengan tingkat akurasi di atas 95 persen. 

  1. Jangan Taruh di Kamar Mandi 

Alat tes kehamilan dan kesuburan sangat sensitif terhadap kondisi suhu. Pastikan Anda menaruh alat tes tersebut di area yang kering. Pasalnya jika ditaruh di tempat yang lembap, seperti kamar mandi, alat tes kehamilan dan kesuburan tersebut rentan rusak. 

  1. Perhatikan Kedaluwarsa 

Semakin baru alat tes kehamilan dan kesuburan diproduksi, semakin baik dan akurat hasilnya untuk Anda. Sebaliknya jika alat tes tersebut telah melewati tanggal kedaluwarsanya, hasilnya pun bisa jadi melenceng. Jadi, pastikan Anda mengecek tanggal kedaluwarsa alat tes yang Anda beli dan menggunakan alat tersebut secepatnya. 

  1. Pagi Hari Terbaik 

Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk melakukan tes kehamilan atau kesuburan menggunakan alat di rumah. Ini karena saat pagi hari, konsentrasi hCG menyentuh angka tertingginya. Ini karena belum ada cairan lain yang masuk ke tubuh Anda. 

  1. Pastikan Lama Mencelup 

Alat tes kehamilan di rumah biasanya bermodel strip dengan tambahan tabung untuk menampung urine. Untuk melakukan tes, Anda tinggal mencelupkan strip ke tabung berisi urine. Namun, jangan buru-buru mengambil alat tes dari tabung. Pastikan waktu mencelup Anda sekitar 30 detik untuk bisa memperoleh hasil yang cukup akurat.

  1. Sabar Menunggu Hasil 

Ketika Anda mengambil alat tes kehamilan dari tabung, hasil belum tentu langsung Anda dapatkan. Ada periode jeda dari pengambilan alat ke proses tampilan hasil. Rata-rata alat tes kehamilan memerlukan waktu sekitar 1—3 menit untuk bisa menampilkan hasil Anda sedang hamil atau tidak. Sementara itu, jika Anda menggunakan alat tes kesuburan, Anda mesti menunggu hasil sekitar 3—5 menit dari waktu pengangkatan alat strip dari tabung berisi urine. 

Tidak sulit bukan melakukan tes dengan alat tes kehamilan dan kesuburan? Ikuti tips-tips di atas dan dapatkan hasil yang lebih akurat dan tidak palsu. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *