Tahukah Anda Jika Ini Jadi Penyebab Mata Gatal?

penyebab mata gatal

Sering mengucek mata merupakan hal yang sebetulnya tidak baik untuk kesehatan mata. Tetapi tanpa sadar hal itu sering dilakukan. Padahal sering mengucek mata dapat menyebabkan mata gatal dan dampak terburuknya dapat menyebabkan iritasi. Penyebab mata gatal tidak hanya disebabkan karena kebiasaan mengucek mata saja, ada banyak hal lainnya yang dapat menjadi penyebab mata gatal.

Penyebab mata gatal ini bisa disebabkan oleh faktor lingkungan maupun kebiasaan yang Anda lakukan. Berikut ini beberapa penyebab mata gatal yang harus Anda ketahui.

  1. Alergi

Alergi merupakan penyebab mata gatal yang paling umum. Hal ini bisa terjadi karena mata terpapar allergen, seperti debu atau bulu hewan, yang akan memicu jaringan di mata melepaskan zat histamin. Keluarnya zat histamin ini akan menimbulkan reaksi alergi dan salah satunya adalah rasa gatal. Mata gatal akibat alergi juga bisa bersifat musiman, terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah subtropis. Alergi dapat terjadi ketika seseorang menghirup serbuk sari yang biasanya akan banyak bertebaran di udara pada musim semi.

  1. Menggunakan lensa kontak

Memakai lensa kontak terlalu lama, tidak membersihkannya dengan baik, atau tidak menggantinya secara teratur, dapat mengiritasi mata. Hal ini bisa membuat mata merah dan gatal. Bahkan pada kasus yang parah, mata juga bisa mengalami pembengkakan hingga hilang penglihatan.

  1. Infeksi

Mata rentan terhadap infeksi virus, bakteri, atau jamur. Semua infeksi tersebut dapat menimbulkan mata gatal. Salah satu infeksi mata yang sering terjadi adalah konjungtivitis. Bukan hanya membuat mata gatal, konjungtivitis juga membuat bagian putih mata berubah menjadi merah muda. Penyakit mata ini sangatlah menular. Infeksi mata lain yang mungkin terjadi, yaitu uveitis atau peradangan pada selaput pelangi mata (iris). Selain gatal, kondisi ini juga dapat menyebabkan nyeri mata dan sensitivitas yang ekstrem terhadap cahaya.

  1. Mata kering

Air mata dapat membuat mata Anda tetap lembap dan segar. Mata pun memproduksi cukup air mata agar mata tidak menjadi kering dan gatal. Namun, beberapa kondisi tertentu membuat produksi air mata cenderung berkurang hingga menyebabkan mata kering. Berbagai kondisi tersebut, yakni penuaan, tersumbatnya saluran atau kelenjar air mata, diabetes, artritis rheumatoid, penggunaan obat-obatan tertentu (antidepresan, dekongestan, obat penurun tekanan darah), dan berada di ruangan berangin ataupun lingkungan yang kelembabannya rendah untuk waktu yang lama. Hal ini bukan hanya membuat mata kering, namun juga terasa sangat gatal.

  1. Peradangan kelopak mata (blefaritis)

Blefaritis adalah peradangan pada kelopak mata. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi. Gejala yang timbul akibat blefaritis di antaranya adalah kelopak mata bengkak, merah, dan gatal. Selain itu, blefaritis juga bisa menyebabkan kelopak mata mengeluarkan banyak kotoran kering dan berminyak. Hal ini bisa memperparah rasa gatal. Blefaritis atau peradangan pada kelopak mata bisa menyebabkan mata gatal dan merah. Kondisi ini terjadi ketika kelenjar minyak kecil di dasar bulu mata tersumbat. Selain gatal, mata juga dapat mengalami pembengkakan dan berair. Blefaritis biasanya tidak menyebabkan kehilangan penglihatan, tapi dapat menjadi masalah kronis yang memicu konjungtivitis dan komplikasi lain.

  1. Kelelahan

Terlalu lama bekerja di depan komputer bisa membuat mata menjadi lelah, terasa kering, atau justru berair terus-menerus. Bahkan, kondisi tersebut terkadang juga disertai sakit kepala dan rasa lelah yang luar biasa. Perlu diketahui pula bahwa mata lebih jarang berkedip saat Anda berada di depan layar komputer atau televisi. Hal inilah yang kemudian membuat mata menjadi kering dan merah. Pastikan untuk beristirahat sejenak setiap beberapa jam atau teteskan obat mata jika diperlukan, agar mata tetap lembap dan sehat.

Nah, itulah beberapa penyebab mata gatal yang bisa Anda hindari guna menjaga kesehatan mata. Mata merupakan organ vital yang harus dijaga kebersihan dan kesehatannya. Jadi, jika mengalami kondisi yang tidak baik pada mata Anda segeralah periksa ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *