Sering Stres Saat Pandemi? Atasi dengan Minyak Lemon

Minyak lemon merupakan minyak atsiri yang diekstrak dari kulit jeruk lemon yang berbentuk cair serta memiliki bau jeruk yang cukup tajam. Minyak lemon sendiri memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, salah satunya bisa menenangkan pikiran dan menjauhkan dari stres.

Tak bisa dipungkiri, di masa pandemi seperti ini, kita mungkin akan mudah stres karena terkurung di rumah dalam waktu yang lama. Dibanding bepergian dan bisa berisiko terkena virus corona, kamu bisa memanfaatkan  minyak lemon agar pikiran jadi lebih tenang dan tidak stres. 

Minyak lemon bantu atasi stres

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tikus tahun 2006, menunjukan bahwa minyak lemon terbukti bisa memberikan ketenangan pikiran serta meningkatkan suasana hati. Dalam studi ini disimpulkan bahwa minyak lemon lebih efektif dalam membantu menghilangkan stres dibandingkan minyak lainnya, seperti lavender atau mawar. 

Studi yang dilakukan pada tahun 2016 juga membuktikan bahwa minyak lemon mampu mengurangi kecemasan orang-orang setelah menjalani ortopedi. Minyak lemon juga diketahui bisa meningkatkan mood dan meningkatkan kekuatan otak. 

Kandungan di dalam minyak lemon

Minyak lemon sendiri sudah terkenal akan aromanya yang bisa menenangkan pikiran. Selain menghilangkan stres, minyak lemon juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Hal ini karena kandungan di dalam minyak lemon yang bagus untuk tubuh, seperti:

  • Antibakteri
  • Antijamur
  • Antiseptik
  • Astringen
  • Disinfektan
  • Detoksifikasi
  • Pelembap alami
  • Pembersih alami
  • Aromaterapi
  • Hiperpigmentasi

Manfaat Minyak Lemon

Selain mengatasi rasa cemas dan stres, minyak lemon juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Mengatasi morning sickness

Saat hamil, kamu akan mengalami mual dan muntah yang cukup mengganggu. Untuk mengurangi rasa mual ini, kamu bisa lho memanfaatkan minyak lemon. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 dari 100 wanita membuktikan bahwa minyak lemon mampu menurunkan tingkat mual dan muntah. 

Kulit jadi lebih sehat

Kandungan antibakteri di dalam minyak lemon nyatanya sangat bermanfaat untuk kulit, lho! Dalam sebuah studi terbaru, minyak lemon terbukti efektif melawan strain bakteri seperti Staphylococcus aureus dan E. coli. Hal ini bisa mencegah terjadinya peradangan pada kulit. Kandungan antioksidannya juga berfungsi untuk melindungi kulit serta mencerahkan kulit.

Membantu bernapas lebih mudah

Jika mengalami masuk angin atau sakit tenggorokan, minyak lemon bisa menjadi solusinya. Sebab, sifat menenangkan dari minyak lemon mampu mengendurkan pikiran dan otot di tenggorokan. Menghirup minyak lemon juga bisa meredakan flu, sehingga bernapas jadi lebih lega. 

Mengatasi jerawat

Minyak lemon juga bermanfaat bisa mengatasi jerawat. Hal ini karena kandungan antioksidan dan vitamin C yang bisa membunuh bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori.

Melancarkan pencernaan

Minyak lemon juga bisa membantu melancarkan pencernaan, termasuk mengatasi sembelit dan gastritis. Dalam sebuah studi, minyak lemon ternyata mengandung zat pelindung gastro yang bisa mengurangi gejala gastritis.

Cara aman menggunakan minyak lemon

Kamu bisa memanfaatkan diffuser untuk menggunakan minyak lemon. Teteskan minyak lemon sebanyak 3-4 tetes ke dalam diffuser dan biarkan aroma minyak lemon menyebar ke ruanganmu. 

Sebaiknya, gunakan diffuser maksimal selama 30 menit saja. Pastikan kalau ruangan kamu memiliki sirkulasi udara yang baik, ya. 

Jika ingin menggunakan minyak lemon secara langsung, sebaiknya gunakan oil carrier seperti minyak kelapa atau almond dan jangan langsung mengenai kulit, ya. Sebelum diusap ke kulit, kamu bisa mengujinya dengan melakukan tes minyak lemon ke lengan. Tunggu selama 24 jam, jika tidak ada iritasi, maka kamu bisa langsung mengoleskannya pada kulit.

Untuk menghindari kerusakan kulit, pastikan kamu sudah membersihkan minyak lemon yang menempel pada kulit sebelum terkena sinar matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *