Sering Memar? Hati-hati Gejala Penyakit Ini

Memar sebenarnya merupakan kondisi yang sering terjadi ketika Anda mengalami benturan yang menyebabkan pembuluh darah kecil di bawah kulit pecah. Kondisi ini dapat ditangani dari rumah dengan cara-cara yang simpel, mulai dari mengompres es dan air panas sampai dengan mengoleskan vitamin K. Umumnya, memar akan hilang dalam beberapa minggu. Bahkan memar dengan ukuran kecil dan perubahan warna yang samar bisa lenyap dalam hitungan hari. 

Luka memar pada tangan

Akan tetapi, ada beberapa kondisi di mana memar yang Anda alami tidak boleh dipandang enteng dan mesti segera dikonsultasikan ke dokter. Contohnya apabila Anda sering mengalami memar yang berulang tanpa sebab yang jelas. Anda juga sebaiknya berkonsultasi ke dokter apabila mengalami memar di banyak area tubuh ataupun ketika memar diikuti oleh rasa nyeri yang begitu hebat. 

Hal ini dikarenakan beberapa kondisi memar tidak lain merupakan gejala dari suatu penyakit. Tidak tanggung-tanggung, penyakit-penyakit yang memiliki gejala munculnya memar tanpa sebab ternyata merupakan penyakit-penyakit serius, seperti di bawah ini. 

Hemofilia 

Pernah mendengar soal penyakit bernama hemofilia? Ini merupakan kondisi bawaan di mana darah dalam tubuh tidak bisa membeku dan menggempul secara maksimal. Alhasil, penggumpalan darah yang tidak sempurna inilah yang kerap menimbulkan memar pada penderita hemofilia. Kebanyakan kasus hemofilia yang dialami seseorang merupakan bawaan lahir. Namun pada beberapa orang, kondisi hemofilia bisa terjadi ketika dewasa saatr tubuh memproduksi antibodi yang menyerang faktor pembekuan dalam darah. Jenis hemofilia yang sangat jarang terjadi ini dikenal sebagai hemofilia autoimun. Selain mudah memar, penderita penyakit ini kerap mengalami gejala sering mimisan dan adanya darah pada feses maupun urine. 

Trombositpenia 

Trombositopenia mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Ini merupakan penyakit kondisi gangguan imunitas yang membuat darah tidak mampu membeku dengan benar. Hal ini terjadi karena pada penderita trombositpenia, tingkat trombosit dalam darah sangat rendah sehingga rentan menimbulkan memar tanpa sebab. Penyakit ini bisasanya dipicu oleh suatu infeksi terlebih dahulu yang mencapai tahap akut maupun kronis. Selain mudah memar, penderita trombositpenia memiliki ciri khas munculnya bintik merah di bawah kulit sampai keluar darah dari mulut!

Penyakit Ginjal 

Anda mungkin tidak habis pikir mengapa penyakit ginjal bisa menyebabkan memar tanpa sebab. Soalnya, salah satu tugas ginjal tidak lain adalah membantu trombosit untuk berfungsi secara normal. Pada penderita penyakit ginjal, fungsi ginjal yang tidak maksimal membuat trombosit juga tidak dapat bekerja dengan baik sehingga menyebabkan gejala mudah memar. Orang-orang dengan penyakit ginjal juga kerap mengalami gejala pembengkakan di kaki, urine yang berbusa dan berdarah, sampai kebingungan. 

Kanker 

Adalah jenis kanker darah yang dapat menimbulkan gejala memar yang menyebar di berbagai area tubuh dan terjadi berulang tanpa sebab. Pasalnya pada penderita kanker darah, kadar trombosit dalam darah menjadi sangat rendah. 

Gangguan Organ Hati 

Fungsi hati bukan hanya membantu sistem pencernaan guna membuang racun dan limbah dari dalam tubuh. Fungsi lain dari organ ini adalah memprodusi protein tertentu yang berguna untuk menunjang pembekuan darah. Kertika organ hati mengalami gangguan, bisa berupa hepatitis maupun sirosis, produksi protein ini pun menjadi terganggu. Hal inilah yang menjadikan pasien-pasien dengan gangguan organ hati lebih rentan mengalami memar sampai pendarahan. 

Penyakit Von Willebrand

Penyakit Von Willebrand merupakan kelainan perdarahan bawaan yang mempengaruhi lebih dari persen populasi manusia di dunia. Orang-orang dengan penyakit ini mengalami kekurangan produksi protein yang berfungsi mencegah dan menghentikan pendarahan. Alasan inilah yang membuat penderita penyakit Von Willebrand lebih mudah mengalami memar. Tidak hanya memar, penderita penyakit ini juga akan lebih mudah mengalami mimisan, pendarahan, sampai periode menstruasi yang menjadi sangat panjang dengan aliran yang sangat deras. 

*** 

Apabila Anda sering mengalami memar yang berulang dan sulit dijelaskan sebabnya, tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Dengan demikian, jika ditemukan suatu penyakit yang menjadi dasar penyebab memar, penanganan terbaik bisa segera dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *