Selain Menggunakan Vicks Inhaler, Ini Cara Mengobati Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat memang menjadi masalah semua orang ketika mengalami flu dan alergi. Hidung tersumbat terjadi akibat peradangan pembuluh darah di selaput yang melapisi lubang hidung. Hal ini menyebabkan Anda akan sulit bernapas. Ada berbagai cara untuk mengobati hidung tersumbat ini, selain dengan vicks inhaler ada juga dengan bahan alami.

Cara Alami Obati Hidung Tersumbat

  1. Menggunakan humidifier

Humidifier adalah cara yang mudah dan tepat mengurangi nyeri sinus dan meredakan hidung tersumbat. Alat humidifier ini mengubah air menjadi kelembapan yang mengisi udara, Ini akan membuat ruangan jadi lebih lembap.

Saat menghirup udara yang lembap, jaringan pernapasan yang terisitasi akan jadi tenang dan pembengkakan pembuluh darah jadi berkurang.

Humidifier bisa mengencerkan lendir di sinus sehingga akan membantu mengosongkan cairan hidung dan kondisi pernapasan akan kembali seperti semula.

  1. Mandi air hangat

Saat hidung tersumbat, Anda juga bisa mandi air hangat agar pernapasan jadi lebih baik. Uap yang keluar dari pancuran akan membantu lendir di hidung jadi lebih encer dan juga dapat mengurangi peradangan. 

  1. Menggunakan semprotan cairan saline

Larutan saline atau larutan air garam juga bisa meningkatkan kelembapan lubang hidung. Cairan saline ini mengandung natrium klorida yang akan membantu mengencerkan lendir dalam saluran hidung.Hal ini akan mengurangi peradangan pembuluh darah dan membuat cairan dalam hidung jadi kosong.

  1. Tetap terhidrasi

Saat hidung tersumbat, jagalah agar cairan tubuh tetap tercukupi agar terhidrasi. Cukupnya asupan cairan dalam tubuh akan membantu mengencerkan lendir di saluran hidung, mengurangi tekanan sinus, hingga mendorong cairan dari hidung untuk keluar. 

  1. Keringkan sinus

Lubang hidung yang tersumbat perlu dibersihkan dengan neti pot. Wadah ini dirancang khusus untuk mengeluarkan cairan dan lendir dari hidung. 

  1. Menggunakan dekongestan

Obat dekongestan bisa membantu mengurangi pembengkakan dan juga mampu meredakan nyeri yang terjadi karena iritasi saluran hidung. Ada banyak dekongestan yang bisa didapatkan tanpa resep dokter. 

Obat dekongestan ada dua bentuknya, yaitu bentuk semprot hidung dan pil.

  1. Menggunakan kompres hangat

Kompres hangat bisa membantu melegakan hidung tersumbat. Kompres hangat ini akan membuka saluran hidung dari luar.

Caranya pun mudah, yaitu menggunakan handuk bersih yang direndam dalam air hangat. Kemudian handuk diperas, dilipat, dan letakkan di atas hidung maupun dahi. 

  1. Menggunakan minyak kayu putih

Minyak kayu putih memang sudah digunakan masyarakat sejak dahulu. Minyak kayu putih bisa mengurangi peradangan di lapisan hidung dan membuat pernapasan jadi lebih mudah.

Anda bisa meneteskan minyak kayu putih secukupnya dalam wadah berisi air mendidih. Lalu, hirup uapnya.

  1. Minum antihistamin atau obat alergi

Selain itu, bisa pula dengan menongsumsi antihistamin atau obat anti alergi saat hidung tersumbat karena alergi. Obat ini akan membantu melegakan hidung tersumbat dan mengurangi pembengkakan saluran hidung.

  1. Menggunakan Vicks Inhaler

Vicks inhaler adalah obat yang bentuknya inhalasi yang berguna melegakan pernapasan. Vicks inhaler mengandung zat aktif mentol dan champora yang efektif memberikan rasa sejuk saat dihirup. Obat ini juga ampu merelaksasikan otak.

Vicks. inhaler ini hanya untuk pengobatan perorangan, jangan ditelan. Cara menggunakannya pun mudah. Pertama, buka tutup inhaler lalu gunakan inhaler dalam posisi tegap. Kemudian, hirup inhaler dalam-dalam melalui masing-masing lubang hidung secara bergantian. Baca aturan pakai yang terdapat pada label agar lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *