Seks Aman dan Bertanggung Jawab dengan Kondom Sutra

kondom sutra

Bersenggama atau berhubungan seksual merupakan kebutuhan lahiriah, seperti halnya makan, minum, tidur, dan lain sebagainya. Berdasarkan berbagai sumber, hubungan seksual punya banyak manfaat. Masalahnya, tak sedikit pula sumber yang menyebutkan bahwa tersimpan beragam risiko di baliknya. Oleh karena itu, banyak kampanye digaungkan mengenai seks yang aman dan bertanggung jawab. Salah satu manifes dari kampanye itu adalah penggunaan kondom, entah itu Kondom Sutra ataupun merek atau produk kondom lainnya.

Bagi yang belum tahu, kondom adalah salah satu alat kontrasepsi. Sebagai alat kontrasepsi, kondom begitu populer. Alasan di balik kepopulerannya sederhana, alat kontrasepsi ini murah, mudah digunakan, minim efek samping, dan yang terpenting efektif dalam mencegah kehamilan tidak direncanakan, serta dalam mencegah infeksi menular seksual atau IMS.

Hampir semua kondom terbuat dari bahan utama lateks. Adapun mengenai masing-masing teknologi, keunggulan, atau vitur yang ada di satu produk kondom, tergantung masing-masing produsen ketika menciptakannya. Ada kondom yang dibuat khusus untuk menambah kenikmatan dan sensasi bercinta, ada pula kondom yang dirancang untuk mengejar performa atau durasi ketika bersenggama. Tiap-tiap kegunaan itu berdasarkan pada racikan atau formula khusus dari produsen kondom.

Adapun Kondom Sutra sendiri merupakan kondom yang paling populer di Indonesia. Produk impor ini pertama kali masuk pasar dalam negeri pada tahun 1996. Keunggulan dari Kondom Sutra adalah berbahan lembut, berpelumas ekstra, lebih halus, dan lebih tipis. Kondom Sutra dijamin aman sebab produk ini 100 persen lulus uji elektronis dan mempunyai standar mutu internasional tertinggi, yakni ISO 4047.

Seperti disinggung sebelumnya, meski amat populer, Kondom Sutra merupakan produk dari Negeri Gajah Putih, Thailand. Kondom Sutra bisa beredar di pasar Indonesia berkat peran DKT Indonesia. DKT sendiri adalah program pemasar kontrasepsi terbesar di dunia. Cabang Indonesia hadir pada tahun 1996, ditandai dengan peluncuran Kondom Sutra. 

Setelah Kondom Sutra, DTK Indonesia juga menghadirkan berbagai brand kontrasepsi lain di nusantara, di antaranya Kontrasepsi Andalan pada tahun 2000, Kondom Fiesta pada tahun 2003, serta yang paling anyar adalah kondom merek Supreme Premium. Yang terakhir dimasukkan DKT ke pasar Indonesia pada tahun 2018.

Berdasarkan perannya, dilansir dari laman resmi Kondom Sutra, DKT Indonesia setidak-tidaknya telah berhasil melindungi lebih dari 8 juta pasangan setiap tahunnya dari kehamilan yang tidak direncanakan serta berkontribusi nyata dalam menjalankan program perencanaan keluarga serta pencegahan infeksi menular seksual, termasuk HIV berserta penyakit yang disebabkannya, yakni AIDS.

Kondom Sutra atau merek kondom lainnya dinilai ampuh dan efektif dalam merefleksikan cita-cita “seks aman dan bertanggung jawab”. Namun, perlu diingat bahwa tingkat efektivitas tersebut bergantung pada seberapa tepat pengaplikasian kondom tersebut. Penggunaan kondom yang benar dan tepat bisa menjadi melindungi masing-masing individu dari penularan virus, bakteri, atau jasad renik lain, sehingga infeksi yang berpotensi menyebabkan berbagai penyakit seksual bisa dicegah.

Kiranya, perlu diketahui pula cara menggunakan Kondom Sutra, maupun kondom merek lainnya, dengan tepat dan benar agar fungsi utama dari kondom bisa terlaksana. Berikut di antaranya:

  • Memerhatikan tanggal kedaluarsa produk;
  • Membuka kemasan secara hati-hati untuk menghindari produk robek;
  • Mengenakan kondom hanya saat penis mengacung;
  • Pastikan tidak terbalik saat mengenakannya;
  • Sesaat setelah ejakulasi, segera keluarkan penis dari liang sanggama sebelum ia menciut, demi menghindari kondom tertinggal di dalam vagina;
  • Melepas secara hati-hati, pastikan sperma tidak tumpah dan tercecer;
  • Ikat dengan erat sebelum membuangnya;
  • Ingat bahwa kondom adalah barang sekali pakai. Jangan gunakan kondom bekas jika ingin lanjut bersanggama.

Kondom Sutra mudah didapat karena bisa ditemukan di mana saja yang memungkinkan kamu dapat menemukannya. Di minimarket ada, di apotek ada, di warung jamu pinggir jalan ada, di tukang obat kaki lima pun ada. Harganya juga murah. Jadi, sebenarnya mewujudkan seks aman dan bertanggung jawab dengan mengenakan kondom bukanlah sesuatu yang muluk-muluk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *