Resep Bubur Manado, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Anda mungkin sudah sangat sering mengonsumsi bubur saat sarapan. Tapi, pernahkah Anda mencoba membuat resep bubur Manado?

Sesuai namanya, bubur yang satu ini merupakan bubur khas dari daerah Manado. Bubur ini memiliki ciri khas yang unik dan berbeda apabila dibandingkan dengan jenis bubur-bubur lain dari berbagai daerah di Indonesia.

Resep bubur Manado sederhana.

Keunikan resep bubur Manado

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bubur Manado berbeda dengan bubur lain pada umumnya. Salah satu keunikannya adalah penggunaan sayur-sayuran sebagai bahan dasar bubur.

Apabila bubur biasanya menggunakan daging ayam atau dibuat dari campuran kaldu ayam, bubur Manado ini justru lebih banyak menggunakan sayur-sayuran. Misalnya seperti sayuran kangkung, kacang panjang, bayam, jagung, daun kemangi, dan lain sebagainya.

Ada juga penggunaan daun gedi sebagai salah satu bahan utama resep bubur Manado. Daun ini adalah daun yang unik, karena hanya bisa ditemukan di wilayah Manado. Daun ini memiliki bentuk yang menyerupai daun pepaya, namun rasanya tidak pahit seperti daun pepaya.

Biasanya, orang-orang mengonsumsi bubur Manado ini dengan tambahan lauk seperti ikan tongkol atau ikan roa khas Manado. Untuk penambah rasa pedas, bisa juga menggunakan sambal roa yang merupakan sambal khas dari Manado.

Membuat bubur Manado di rumah

Anda tidak harus jauh-jauh ke Manado untuk bisa mencoba bubur Manado. Tanpa harus membeli di restoran, Anda juga bisa membuatnya sendiri, karena resep bubur Manado cenderung praktis dan sederhana.

Apabila ingin membuatnya sendiri di rumah, maka pastikan Anda melengkapi dulu bahan sayur-sayuran yang dibutuhkan, seperti:

  • 150 gram bayam
  • 200 gram jagung manis rebus
  • 100 gram ubi merah yang sudah dipotong dadu
  • 1 batang serai
  • 20 lembar daun kemangi

Apabila ingin menggunakan sayuran lain, Anda juga bisa menambahkan kangkung atau kacang panjang. Pastikan jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan sajian bubur.

Anda juga perlu menyiapkan beras. Nantinya, beras akan dicampurkan dengan air dan dimasak untuk membentuk tekstur kental bubur.

Kemudian, setelah semua bahan siap, maka Anda bisa mulai melakukan langkah-langkah resep bubur Manado sebagai berikut:

  1. Masak beras dengan jumlah yang disesuaikan dengan kebutuhan. Tambahkan air yang cukup banyak pada beras agar beras menjadi bertekstur kental seperti bubur.
  2. Setelah bubur matang, tambahkan seluruh sayur-sayuran yang sudah disiapkan kecuali bayam dan daun kemangi. Masak hingga matang dan mengental.
  3. Masukkan bayam dan daun kemangi, masak sebentar sampai daun-daunnya menjadi layu.
  4. Angkat dan sisihkan bubur, lalu sajikan ke wadah. Bubur Manado buatan rumahan sudah jadi dan siap untuk disantap.

Resep di atas adalah resep bubur Manado menggunakan beras yang masih mentah. Tapi, Anda juga bisa memasaknya dengan nasi yang sudah matang, hanya saja dicampurkan dengan air dan diolah kembali untuk menjadi bubur yang bertekstur kental.

Bubur Manado yang sudah Anda buat bisa langsung Anda konsumsi. Akan tetapi, apabila ingin dikonsumsi dengan adanya lauk tambahan, Anda bisa menambahkan lauk khas Manado seperti ikan roa atau sambal roa.

Tapi, jika bahan lauk tambahan itu tidak tersedia di rumah, maka Anda bisa mencoba menggantinya dengan ikan teri atau ikan asin, lalu ditambahkan sambal terasi. Bisa juga memakai perkedel jagung untuk penambah rasa.

Anda bebas melakukan modifikasi pada resep bubur Manado di atas sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *