Prolanis, Program Penanganan Hipertensi dan Diabetes di Klinik Qita

Klinik Qita berlokasi di Perumahan Atsiri Permai, Jalan Sedap Malam Raya Nomor 5, Desa Ragajaya, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor. Salah satu program unggulan dari Klinik Qita yaitu Prolanis, merupakan singkatan dari Program Pengelolaan Penyakit Kronis. Prolanis adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintregasi yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien. Ada 9 jenis penyakit yang termasuk di dalam Prolanis, antara lain yaitu: diabetes mellitus, hipertensi, jantung, asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), epilepsy, schizophrenia, stroke, dan lupus.

Namun, fokus Klinik Qita adalah penyakit Hipertensi dan Diabetes. Diabetes merupakan kondisi ketika kadar gula dalam darah lebih tinggi dari nilai normal. Diabetes sendiri dibagi menjadi dua, yaitu Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2. Sedangkan Hipertensi merupakan nama lain dari darah tinggi. Kondisi ini terjadi ketika tekanan darah seseorang mendapati nilai di atas angka yang dianjurkan. Jika Anda atau anggota keluarga Anda ada yang menderita diabetes atau hipertensi, bisa mengikuti program Prolanis di Klinik Qita. Klinik Qita berkomitmen untuk menurunkan angka kematian yang diakibatkan diabetes atau hirpetensi yang tidak terkendali.

Tujuan dari Prolanis adalah untuk mendorong peserta penderita penyakit kronis agar bsa mencapai kualitas hidup optimal, mendorong kesembuhan, dan memiliki hasil baik pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit Diabetes tipe II dan hipertensi. Selain itu juga untuk mencegah timbulnya komplikasi penyakit lainnya akibat penyakit yang dialami. Sedangkan untuk sasaran dari program ini yaitu seluruh anggota BPJS Kesehatan yang memiliki penyakit kronis diabetes tipe II dan hipertensi.

Program Prolanis di Klinik Qita memiliki beberapa aktivitas, di antaranya yaitu konsultasi medis, edukasi klub, bimbingan mental agama, olahraga, pelayanan obat, pemantauan status kesehatan, home visit, dan reminder. Konsultasi medis dilakukan antara pasien dengan tim fasilitas kesehatan pengelola seperti Klinik Qita dengan jadwal yang sudah disepakati Bersama. Edukasi kelompok peserta Prolanis dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan dalam upaya memulihkan penyakit, mencegah timbulnya kembali penyakit, serta meningkatkan status kesehatan bagi peserta. Bimbingan mental agama atau edukasi agama adalah bimbingan peserta Prolanis baik individu maupun kelompok yang dilaksanakan sebulan sekali. Peserta Prolanis akan diberikan bimbingan tentang agama dan motivasi untuk mencapai kesembuhan.

Adapula reminder atau pengingat melalui SMS yang bertujuan untuk memotivasi peserta agar melakukan kunjungan rutin untuk jadwal konsultasi yang ditentukan ke Klinik Qita. Sehingga, peserta Plokanis bisa melakukan pemeriksaan rutin untuk menghindari risiko lain yang dapat ditimbulkan dari penyakit diabetes atau hipertensi. Sedangkan home visit adalah kegiatan pelayanan kunjungan ke rumah peserta Prolanis untuk pemberian informasi dan edukasi bimbingan agama, cek kesehatan diri, serta lingkungan bagi peserta dan keluarga Prolanis.

Peserta Prolanis mendapatkan obat yang dapat diambil di apotek Klinik Qita setiap bulan sesuai dengan resep dari dokter. Selain pelayanan obat yang cepat dan terintregasi, peserta Prolanis Klinik Qita juga melakukan kegiatan senam yang diadakan setiap hari Minggu dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 08.00. Peserta BPJS Klinik Qita yang terdaftar sebagai anggota Prolanis pada 2018 yaitu sebanyak 12o anggota yang terdiri dari 55 penderita hipertensi dan 65 penderita diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *