Pertolongan Pertama Jika Seseorang Nyeri Dada Sebelah Kanan

Nyeri Dada Sebelah Kanan

Ada banyak kemungkinan di balik rasa nyeri dada sebelah kanan, mulai dari hal yang sepele seperti stres atau masalah psikologis lain, hingga kondisi medis yang terbilang parah. Upaya terbaik untuk mengatasi nyeri dada yang dialami tak lain adalah mendatangi dokter.

Namun, tak ada salahnya jika seseorang berupaya mengatasi masalah ini dengan hal-hal yang lebih sederhana. Ya, semacam melakukan pertolongan pertamalah. Syukur-syukur jika upaya yang dilakukan itu bisa langsung meredakan rasa nyeri dada sebelah kanan yang dirasakan. Tak ada salahnya untuk mencoba ‘kan?

Jika kamu tertarik dengan cara-cara yang disinggung di atas, ada baiknya kamu membaca artikel ini sampai habis. Karena di bawah ini terdapat beberapa upaya tersebut, antara lain:

  • Minum air atau minuman hangat

Gas berlebih yang ada di dalam tubuh bisa menjadi salah satu penyebab nyeri dada sebelah kanan yang umum. Minum minuman hangat bisa meredakan dan mengurangi gas dan kembung, sehingga rasa nyeri di dada juga bisa berkurang. Oleh karena itu dianjurkan untuk meminum teh atau susu hangat untuk meredakan dada yang terasa nyeri. Minimal sekali dianjurkan seseorang minum air putih hangat.

  • Mengompres dengan es

Jika meminum air atau minuman hangat tak juga meredakan nyeri dada sebelah kanan, mungkin penyebab nyeri dada yang dirasakan bukanlah tingginya kadar gas. Nyeri di dada terkadang disebabkan oleh ketegangan otot-otot di bagian dada. 

Beberapa hal yang bisa menyebabkan otot dada menegang antara lain olahraga angkat besi atau bahkan membawa atau menggendong barang-barang yang cukup berat. Sedangkan penyebab lainnya adalah costochondritis, yaitu terjadinya peradangan di dinding dada.

Kondisi ini sering kali menjadi sumber nyeri dada yang parah. Sebagai penanganan sederhana sakit dada sebelah kanan akibat kondisi ini, kamu bisa mengompresnya menggunakan es selama beberapa waktu. Mengompres dada dengan es bisa mengurangi ketegangan otot dan peradangan di dada sehingga rasa sakit akan berkurang.

  • Cobalah cuka apel

Cuka apel bisa menjadi salah satu obat sakit dada alami yang bisa kamu coba. Meskipun bisa menimbulkan rasa mulas ketika meminumnya, tetapi cuka apel baik untuk menangani masalah sakit dada akibat asam lambung yang naik.

Beberapa orang yang mengalami sakit dada, disebabkan karena perut yang tidak menghasilkan cukup asam sehingga akhirnya asam lambung pun naik. Dalam kasus ini, cuka sari apel dapat membantu meredakan kondisi dengan cara meningkatkan jumlah asam dalam perut. 

Senyawa cuka apel yang bernama asam asetat inilah yang bisa mendorong naiknya asam di perut dan kemudian mengembalikan kondisi seperti sedia kala. Kalau sudah begini, ada kemungkinan nyeri dada sebelah kanan akan berangsur membaik.

  • Berharap pada khasiat kacang almond

Kacang almond digadang-gadang bisa meredakan sakit dada akibat masalah lambung yang membuat bagian dada terasa nyeri. Meskipun belum ada penjelasan pasti, tetapi kandungan dalam kacang almond dipercaya dapat meringankan gejala asam lambung yang naik.

Salah satu kandungan pada kacang almond adalah zat alkali yang dapat meringankan dan menetralkan asam lambung. Tetapi, di lain sisi kandungan kacang almond juga mengandung lemak yang tinggi. Namun lemak baik dalam kacang almond dapat membuat asam lambung cepat menurun ke dalam lambung.

Itulah beberapa hal yang dapat diupayakan seseorang untuk meredakan rasa nyeri dada sebelah kanan yang dirasakannya. Cara-cara alternatif tersebut bisa saja tidak bekerja jika nyeri dada sebelah kanan disebabkan oleh masalah kesehatan yang lebih kompleks. Kalau sudah begitu, tak ada jalan lain kecuali meminta bantuan dokter di fasilitas kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *