Pelayanan Seputar COVID-19 di Cito Laboratorium

Cito Laboratorium Klinik merupakan pioneer klinik mandiri pertama di Indonesia yang sudah memiliki cabang di berbagai kota di Indonesia. Didirikan pada 1967 oleh H. Achmad Djoeahir, Cito Laboratorium semakin mengembangkan layanannya salah satunya dengan memberikan pelayanan seputar COVID-19.

COVID-19 kini masih menghantui masyarakat Indonesia. Karena itu, semakin banyak laboratorium yang menyediakan layanan seputar COVID-19 untuk membantu masyarakat mendeteksi virus COVID-19 di tubuhnya. Termasuk Cito Laboratorium yang menghadirkan berbagai pelayanan medis seputar COVID-19. Berikut daftarnya.

  1. PCR Swab Test COVID-19

PCR swab test merupakan salah satu pemeriksaan COVID-19 yang saat ini terbilang cukup akurat. PCR atau Polymerase Chain Reaction merupakan tes guna mendeteksi materi genetik dari suatu organisme. Jadi jika Anda memiliki virus COVID-19 di dalam tubuh, maka PCR mampu mendeteksi keberadaan virus tersebut. PCR juga dapat mendeteksi fragmen virus bahkan saat Anda sudah tidak terinfeksi.

Nantinya tenaga kesehatan akan mengambil spesimen pada bagian tenggorokan dan hidung. Spesimen tersebut akan dianalisis guna mencari materi genetik (asam ribonukleat atau RNA) dari virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19. Hingga saat ini tes PCR masih menjadi syarat khusus bagi WNI atau WNA yang baru saja tiba di Indonesia.

PCR swab test di Cito Laboratorium dapat memberikan hasil negatif atau positif dalam waktu dua hari.

  1. Rapid Test Antibodi COVID-19

Rapid test antibodi merupakan salah satu pilihan masyarakat untuk mendeteksi keberadaan virus COVID-19 di dalam tubuh karena harganya yang cukup terjangkau.

Menggunakan metode Enzyme Chemiluminescence Assay (ECLIA) dengan penggunaan alat yang full otomatis sehingga meminimalisir human error. Pemeriksaan ini akan mengambil sampel darah vena untuk dilakukan pemeriksaan antibodi terhadap virus SARS-CoV-2. Pengambilan sampel darah vena dinilai lebih akurat dan memiliki sensitivitas yang lebih tinggi jika dibandingkan sampel darah kapiler.

  1. Swab Antigen COVID-19

Selain swab PCR, swab antigen juga sering menjadi pilihan masyarakat karena harganya terbilang lebih murah jika dibandingkan swab PCR. Merupakan salah satu metode pemeriksaan cepat (rapid) yang dapat mendeteksi keberadaan virus COVID-19 dengan menggunakan sampel lendir dari hidung atau tenggorokan.

Keberadaan virus SARS-CoV-2 akan mudah terdeteksi pada orang yang baru saja terinfeksi. Atau dengan kata lain saat gejala awal muncul dimana jumlah virus di dalam tubuh masih terbilang tinggi. Namun keakuratan swab antigen tidak setinggi swab PCR sehingga masih bisa ada kekeliruan hasil.

Di Cito Laboratorium, hasil pemeriksaan swab antigen memakan waktu cukup cepat yakni 30 hingga 60 menit.

  1. Pemeriksaan Antibodi Kuantitatif

Saat ini masyarakat wajib mendapatkan vaksin COVID-19 sebagai salah satu cara meminimalisir penyebaran virus tersebut. Sesudah mendapatkan vaksin dosis penuh, Anda bisa melakukan pemeriksaan antibodi kuantitatif guna melihat jumlah antibodi IgG SARS-CoV-2 di dalam tubuh.

Pemeriksaan ini juga bisa Anda lakukan pasca terinfeksi COVID-19. Anda bisa melakukannya setelah dua minggu terinfeksi. Ini juga berguna bagi Anda yang bergejala sedang maupun berat untuk melihat apakah Anda bisa menjadi pendonor plasma.

  1. Pemeriksaan D Dimer

Merupakan pemeriksaan yang berguna untuk mendiagnosis ada atau tidaknya gangguan pembekuan darah. Pemeriksaan ini juga dapat menjadi indikator potensi risiko emboli paru dan penggumpalan darah pada penderita COVID-19.

Seperti yang diketahui, COVID-19 bisa menimbulkan sejumlah komplikasi pada penderitanya yang telah negatif dari virus. Tingginya kadar D Dimer dalam tubuh bahkan bisa menyebabkan kematian, karena itu penting untuk melakukan pemeriksaan D Dimer jika Anda menderita COVID-19.

Itulah beberapa pelayanan seputar COVID-19 yang ada di Cito Laboratorium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *