Mpasi 8 Bulan, Berikut Hal yang Perlu Diperhatikan

mpasi 8 bulan

Ketika bayi Anda sudah berusia 8 bulan, mpasi yang hendak diberikan haruslah berbeda mengingat di usia seperti itu bayi biasanya akan rewel dalam makanan, dan mulai memilih-milih makanan yang disukai atau tidak.

Hal itu karena bayi mulai beradaptasi dan mulai mengenali tekstur makanan-makanan yang akan dikonsumsinya.

Karena itulah, Anda sebagai seorang ibu haruslah kreatif dalam menyajikan makanan supaya mereka mau mengonsumsi makanan yang disajikan.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal yang berkaitan supaya pemberian makanan pada bayi menjadi lancar.

Pilih makanan padat yang sesuai

Pada usia 8 bulan, bayi sudah bisa mengonsumsi makanan padat. Meski begitu Anda tidak boleh sembarangan memberikan MPASI 8 bulan padat ke mereka karena bisa berdampak negatif. Berikut makanan padat yang disarankan:

  • Telur
  • Yogurt
  • Biskuit
  • Sereal
  • Pasta
  • Kentang tumbuk

Hindari memberikan madu pada bayi karena akan menyebabkan botulisme atau keracunan akibat bakteri Clostridium botulinum.

Perhatikan jadwalnya

Jadwal makan mpasi 8 bulan dapat dibagi pada 3 waktu, yaitu pagi, siang, dan malam hari. Karena itu, Anda bisa dua kali memberikan cemilan bagi bayi  sela-sela waktu makan siang dan malam harinya.

Saat berusia 8 bulan bayi membutuhkan waktu tidur 13-14 jam, termasuk tidur siang dan malam. Nah, Aturlah waktu yang tepat agar tidak mengganggu jadwal tidur siangnya. Sebelum tidur, bayi berikanlah bayi air, ASI, atau susu formula sebanyak 6-8 ons.

Selain itu, usahakan untuk melatih bayi supaya makan di meja makan setiap harinya bersama anggota keluarga yang lain.

Hal ini akan bisa membuat Anda mengajari bayi cara makan yang tepat dan berlatih berinteraksi dengan anggota keluarga yang lain.

Berikan finger food

Anda bisa memberikan finger food seperti rice crackers dan biskuit untuk meningkatkan perkembangan kekuatan rahang bayi dan perkembangan gerakan lidah, serta  melatih kekuatan bayi mengunyah berbagai tekstur makanan.

Memberikan bayi berupa finger food juga sangat penting bagi tumbuh-kembang keterampilan motorik halus dan koordinasi bayi seperti melatih genggaman atau menjepit benda.

Perhatikan porsinya

Pada usia 8 bulan bayi sudah mempunyai berat 1, 07 kilogram untuk laki-laki dan 1,02 kilogram untuk perempuan.

Karena itu, untuk menyesuaikan dengan beratnya, kalori yang dibutuhkan oleh bayi adalah dari 700 hingga 950 kalori per hari.

Perinciannya, 400 hingga 500 kalori berasal dari susu formula. Selain itu, berikan sumber makanan hewani sepert daging dan telur serta buah dan sayur-sayuran untuk keseimbangan.

Selain hal-hal di atas, berikut adalah tips yang perlu Anda lakukan:

  • Anda hendaknya memperkenalkan makanan baru secara bertahap, ,dengan jeda waktu masing-masing selama tiga hari.
  • Ketahui alergi pada bayi, dengan mencatat asupan makannya, dan melihat perkembangan reaksinya pada kulit maupun feses. Apabila menderita alergi seperti gatal, ruam, dan sulit bernapas, segeralah bawa ke rumah sakit untuk diberikan tindakan lebih lanjut.
  • Terapkan waktu makan yang rutin
  • Tawarkan pengalaman waktu makan yang menyenangkan
  • Ibu membuat sendiri makanan untuk si Kecil
  • Berikan makanan yang sebaiknya dengan proses ditumbuk, dikukus, atau dicincang. Jangan berikan makanan yang digoreng yang berakibat nutrisinya tidak lengkap
  • Ajaklah bayi mencoba berbagai jenis rasa makanan untuk memperbanyak pengetahuan rasa yang ia kenal
  • Simpanlah makanan untuk mpasi 8 bulan pada wadah yang terbuat dari kaca dan baja. Hindari menyimpan dalam wadah plastik yang mengandung bahan kimia yang dapat mencemari makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *