Mau Promo Swab Test? Pahami Jenis-jenisnya

Dibandingkan rapid test, melakukan swab test untuk mendeteksi terinfeksinya diri Anda oleh virus corona baru atau Covid 19 akan lebih akurat. Pasalnya, berbagai jenis swab test memiliki tingkat akurasi di atas 90 persen. Angka ini jauh mengungguli tingkat akurasi rapid test yang bahkan tidak mencapai 20 persen. 

Biaya yang lebih tinggi kerap menjadi alasan orang-orang melakukan jenis tes yang lebih akurat ini. Padahal jika masalahnya adalah biaya, Anda bisa mencari promo swab test yang menampilkan harga lebih terjangkau.

Swas test sendiri merupakan tindakan tes menggunakan kapas lidi yang dimasukkan dan diusapkan ke bagian rongga dalam yang ada di hidung maupun tenggorokan. Pengusapan dilakukan untuk memperoleh lendir yang akan digunakan sebagai sampel. Sedikit bocoran sebelum membeli promo swab test, pahami dulu ketiga jenis dari tes ini, ya. 

Swab PCR 

Jenis swab test ini merupakan yang paling terkenal dan paling awal diterapkan di seluruh dunia sebagai pengecekan dasar untuk mengidentifikasi virus corona baru dalam tubuh seseorang. Swab test polymerase chain reaction (PCR) merupakan tes untuk mengetahui keberadaan covid 19 dengan melihat kode genetik yang ada pada sampel. 

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat menilai, menganggap test swab yang satu ini merupakan standar emas untuk menguji virus corona baru. Pasalnya, swab PCR mampu mendeteksi ada tidaknya Covid 19 di tubuh Anda dengan akurasi di atas 90 persen. Virus corona baru pada tubuh bisa terdeteksi mulai dari 6 jam dari waktu penginfeksian virus tersebut di tubuh. 

Kelemahan jenis swab test yang satu ini karena harganya yang tergolong mahal dan waktu pemeriksaannya yang cukup lama. Ini karena swab test PCR hanya bisa dilakukan tenaga yang sudah terlatih karena penggunaan teknologi dan berbagai reagen.

 Mengenai masalah harga, Anda bisa menyiasatinya dengan mencari promo swab test. Namun mengenai waktu, Anda memang harus menerima bahwa untuk menerima hasil swab test PCR memerlukan waktu 1—3 hari. 

Swab Antigen 

Jika Anda mencari promo swab test dengan harga yang lebih murah daripada swab test PCR, Anda bisa mempertimbangkan swab test antigen. Jika membandingkan harganya, nilai yang harus Anda bayar untuk mengikuti test ini bisa hanya seperempat dari harga swab test PCR. 

Tes ini menguji keberadaan Covid 19 dalam tubuh dengan mengambil sampel di pangkal hidung atau tenggorokan. Dari lendir yang diperoleh dari proses usap tersebut, akan dicari protein yang ada di permukaan virus. Kemampuan swab test hanya untuk melihat protein di permukaan virus inilah yang membuat akurasi jenis swab test ini lebih rendah dibandingkan swab test PCR.

Meskipun demikian jika dibandingkan rapid test, memilih metode swab antigen akan lebih akurat dan efektif. Pasalnya, tes ini bukan melihat keberadaan virus dari antibodi tubuh yang sudah terbentuk. Swab antigen justru  bisa langsung melihat keberadaan virus corona baru ketika infeksi tengah berlangsung di tubuh seseorang. 

Swab Molekuler Isotermal 

Swab test yang satu ini merupakan metode terbaru untuk mendeteksi Covid 19. Tingkat akurasi nya tidak kalah tinggi dibandingkan swab test PCR. Tes molekuler isothermal dapat memberikan hasil periksa dengan sensitivitas 95 persen dan spesifisitas sampai 97,9 persen. Sangat tinggi, bukan?

Tidak hanya itu, swab test yang satu ini juga tidak memerlukan waktu lama untuk pemerolehan hasil. Anda bahkan sudah bisa memperoleh hasilnya dalam waktu 5—15 menit. 

Hanya saja, belum banyak layanan kesehatan yang sudah dapat menggunakan jenis tes yang satu ini. Mengingat ketika menjalani tes swab molekuler isothermal, dibutuhkan alat khusus. Karena itulah, swab test jenis ini lebih disarankan dilakukan pada kondisi darurat di mana Anda membutuhkan hasil tes yang cepat, namun dengan akurasi yang mumpuni. 

Perihal harga, jenis tes ini bahkan bisa lebih mahal dibandingkan swab test PCR. Kembali lagi, Anda bisa menyiasatinya dengan mencari promo swab test molekuler isothermal untuk mendapatkan biaya yang mungkin sedikit lebih terjangkau. 

*** 

Sudah paham bukan berbagai jenis swab test yang ada saat ini. Jadi jika Anda menemukan ketiga promo swab test tersebut, mana yang Anda pilih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *