Manfaat Susu Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui Sekarang!

Manfaat Susu Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui Sekarang!

Susu menjadi salah satu asupan bernutrisi yang sangat populer dan baik untuk menjaga keseimbangan tubuh. Susu sering disebut sebagai minuman yang menyehatkan karena kandungan kalsium yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, penting untuk mengenal berbagai kandungan susu kesehatan agar kebutuhan nutrisimu dapat terpenuhi dengan baik.

Sebenarnya kandungan susu kesehatan tidak hanya kalsium saja, masih banyak nutrisi bermanfaat lainnya dalam susu yang jarang diketahui oleh banyak orang. Ada vitamin dan mineral, protein, karbohidrat, dan lemak. 

Susu kesehatan juga kerap dicampur ke dalam bahan camilan, seperti kue. Maka tak heran bila susu kesehatan banyak digemari. Namun, tidak sedikit pula yang mengira kalau susu kesehatan hanya cocok diminum oleh bayi atau anak-anak. Pada kenyataannya, kandungan nutrisi pada susu bisa menjadi pelengkap nutrisi sehari-hari bagi orang dewasa bahkan sampai lanjut usia. 

Di bawah ini, adalah manfaat susu kesehatan yang melimpah dan berhak kamu peroleh, yang meliputi:

1. Menyehatkan Tulang

Susu kesehatan merupakan sumber kalsium yang baik bagi kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kandungan vitamin D dalam susu kesehatan juga bermanfaat untuk menjaga tulang. Kedua nutrisi tersebut bisa membantu untuk mencegah penyakit osteoporosis. Beberapa penelitian mengaitkan konsumsi susu secara rutin dengan risiko osteoporosis dan patah tulang yang lebih rendah.

2. Membangun Massa Otot

Susu kesehatan dianggap sebagai protein lengkap yang mengandung sembilan asam amino esensial yang diperlukan tubuh. Asam amino tersebut dapat membantu membangun dan mencegah kehilangan massa otot. Dalam beberapa penelitian, minum susu dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari hilangnya otot terkait usia.

3. Membuat Gigi Lebih Kuat

Susu kesehatan juga dipercaya dapat menguatkan gigi karena kandungan kalsium yang tinggi di dalamnya. Selain itu, laktosa pun dapat membantu mencegah gigi berlubang dan mengalami kerusakan. Hal tersebut akan membantumu dan keluarga dalam menjaga kesehatan gigi dari kerusakan akibat kuman.

4. Mencegah Naiknya Berat Badan

Beberapa penelitian mengaitkan minum susu kesehatan membuat risiko obesitas yang lebih rendah. Susu kesehatan mengandung berbagai komponen yang dapat berkontribusi pada penurunan berat badan dan mencegah berat badan bertambah. Kandungan protein yang tinggi dalam susu kesehatan dapat membuatmu merasa kenyang untuk waktu yang panjang setelah meminumnya. Hal ini tentu dapat mencegahmu untuk makan berlebihan.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Susu kesehatan merupakan sumber kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga membuatmu terhindar dari penyakit jantung. Meningkatkan asupan kalium dan mengurangi natrium pun bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

6. Mencegah Diabetes Tipe-2

Beberapa penelitian menemukan bahwa minum susu kesehatan juga bisa membantu mencegah diabetes tipe-2 bagi orang dewasa, karena protein susu dapat meningkatkan keseimbangan gula darah. Sebagai informasi tambahan, diabetes tipe-2 adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko pada dirimu untuk terkena penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal. 

7. Menunjang Tumbuh Kembang Anak

Anak yang usia 6–10 tahun tentu perlu mendapatkan asupan protein sebanyak 35–40 gram setiap harinya, sedangkan remaja membutuhkan protein sebanyak 50–70 gram per harinya. Pasalnya, protein merupakan makronutrisi yang dibutuhkan anak untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Sebab, protein berfungsi untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, melancarkan metabolisme tubuh, menjaga kesehatan tulang, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, serta memperkuat daya tahan tubuh.

Maka, sangat ideal bila anak diberi susu kesehatan demi menunjang tumbuh kembang anak.Setelah mengetahui manfaat susu kesehatan, mungkin kamu mulai tertarik mengonsumsinya. Andai kamu yang ingin membeli susu kesehatan sesuai kondisi pribadi dan tidak ingin ribet, kamu bisa mengakses secara daring ke Toko SehatQ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *