Manfaat Olahraga Malam untuk Kesehatan

Melakukan olahraga malam hari memang cukup jarang dilakukan dibanding olahraga pada pagi hari. Namun, tren olahraga malam belakangan ini kian digandrungi oleh banyak orang di dunia, salah satunya dengan menjamurnya gerakan olahraga bertajuk night run atau semacamnya. Lalu, apa manfaat olahraga malam untuk kesehatan? Apakan kegiatan ini hanya akan mengundang penyakit pada tubuh?

Ini manfaat olahraga malam bagi kesehatan

Dahulu, para ahli kesehatan memang tidak merekomendasikan olahraga malam. Namun, saat ini lebih dikarenakan oleh kuman yang mungkin menempel setelah berolahraga, apalagi jika tidak dilanjutkan dengan mandi yang bersih setelahnya. Meskipun demikian, studi terbaru pada tahun 2018 mengungkapkan bahwa olahraga malam aman dilakukan oleh siapa saja. Syaratnya, olahraga yang Anda pilih bukan termasuk dalam latihan berat dan dilakukan lebih dari satu jam sebelum tidur.

Fakta ini diperoleh dari 23 penelitian yang melihat hubungan antara kualitas tidur dengan kegiatan yang dilakukan orang tersebut sebelum memejamkan mata. Hasilnya, orang-orang yang melakukan olahraga malam akan mendapatkan tidur yang lebih cepat dan berkualitas dibandingkan mereka yang tidak berolahraga sebelum tidur. Begitu pun sebaliknya, orang-orang yang melakukan olahraga malam saat mendekati waktu tidurnya justru akan merasakan efek yang berkebalikan, mereka akan sulit memejamkan mata dan memiliki kualitas tidur yang buruk.

Selain meningkatkan kualitas tidur, jika dilakukan dengan benar manfaat olahraga malam lainnya mirip dengan olahraga pada umumnya. Anda akan memiliki jantung dan paru-paru yang lebih sehat, mampu menurunkan berat badan, serta menurunkan risiko terkena beberapa jenis kanker. Sebuah penelitian mengatakan bahwa sulit tidur akibat olahraga malam dapat disebabkan oleh olahraga berat yang dilakukan satu jam sebelum tidur. Maka, Anda harus memilih jam yang tepat sebelum berolahraga malam dan pandai memilih jenis olahraga yang baik untuk Anda.

Pilihan olahraga malam yang direkomendasikan

  • Pilates

Pilates akan menghadirkan efek relaksasi pada malam hari. Untuk memulai gerakan ini, berdirilah dengan kaki selebar pinggul, kedua tangan menempel pada sisi tubuh, dan bahu dalam keadaan rileks.

Dengan menggunakan otot perut Anda, perlahan-lahan bungkukkan badan ke depan, biarkan lengan menjuntai ke bawah dan menggantung, lalu tarik napas dalam-dalam. Cobalah menyentuh tanah dan tahan pose selama satu atau dua detik. Selanjutnya, angkat tubuh pelan-pelan dengan menggunakan otot-otot perut.

  • Yoga

Gerakan yoga cocok dilakukan sebagai salah satu bentuk olahraga malam bagi Anda. Caranya, berbaring telentang, dorong bokong Anda dekat ke dinding, dan angkat kaki Anda hingga bersandar di dinding.

Letakkan tangan Anda di samping tubuh dan putar hingga telapak tangan menghadap ke atas. Tahan posisi itu selama 10 hingga 20 detik.

  • Peregangan

Duduk di lantai dengan kedua kaki menempel, rata, dan telentang di depan Anda. Tekuk tubuh Anda perlahan ke depan dan raih jari-jari kaki Anda. Cobalah untuk menahan posisi ini selama 30 detik.

Setiap orang memiliki metabolisme tubuh yang berbeda. Ada orang merasa lebih berenergi setelah melakukan olahraga malam, ada juga yang sebaliknya tetap rutin berolahraga pada pagi atau sore hari. Kenali tubuh Anda sendiri dan jangan takut untuk mengikutinya. Hal yang terpenting adalah Anda berolahraga daripada tidak bergerak sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *