Manfaat Mangga Bisa Membuat Kita Awet Muda

Buah mangga banyak mengandung senyawa antioksidan yang berperan penting untuk melindungi sel-sel tubuh kita dari radikal bebas yang biasanya mengikatkan diri ke sel dan menyebabkan kerusakan. Salah satu manfaat mangga adalah bisa membuat kita awet muda. Pada mangga potong sebanyak 165 gram, terdapat vitamin A, vitamin C, vitamin B1, B2, B5, B6, B9 (folat), vitamin E, dan vitamin K.

Selain itu, buah mangga juga dilengkapi beragam mineral seperti tembaga, niasin, potasium, mangan, magnesium, fosfor, asam pantotenik, kalsium, selenium, dan zat besi. Senyawa antioksidan yang banyak terkandung dalam buah mangga adalah polifenol. Setidaknya ada 12 jenis polifenol dalam buah mangga, diantaranya mangiferin, katekin, antosianin, quercetin, kaempferol, rhamnetin, serta asam benzoat.

Perlu Anda tahu, bahwa peran zat antioksidan adalah untuk melindungi sel-sel tubuh kita dari radikal bebas yang menimbulkan kerusakan dengan cara mengikatkan diri ke sel tubuh. Rusaknya sel tubuh akibat radikal bebas akan menyebabkan terjadinya penuaan dini dan munculnya penyakit kronis. Sedangkan mangiferin merupakan jenis polifenol dalam mangga yang paling kuat. Beberapa riset menyimpulkan bahwa mangiferin bisa melawan kerusakan sel akibat radikal bebas yang berkaitan dengan munculnya kanker.

Buah mangga termasuk kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C. kedua vitamin ini berperan untuk menjaga kita agar tetap awet muda. Vitamin C dibutuhkan untuk pembentukan kolagen, yaitu sejenis protein yang mampu menjaga elastisitas kulit. Sebagai antioksidan, kandungan vitamin C mampu melindungi tubuh dari kerusakan akibat dampak kondisi lingkungan, seperti terpapar polusi.

Perlu Anda tahu, kekurangan vitamin C bisa memengaruhi penyembuhan luka dan mempercepat terbentuknya garis-garis halus serta keriput pada kulit. Penyerapan zat besi juga butuh vitamin C, dan zat besi termasuk mineral penting untuk pertumbuhan rambut. Jadi dengan mengonsumsi buah mangga akan memberi asupan vitamin C yang baik untuk kecantikan kulit kesehatan rambut.

Manfaat mangga sangat baik bagi kesehatan kulit dan rambut. Semua sel butuh vitamin A untuk bisa tumbuh, termasuk sel kulit dan rambut. Peran penting vitamin A lainnya adalah berperan untuk produksi sebum, yaitu minyak yang melembapkan kulit. Beberapa penelitian bahkan mengindikasikan manfaat mangga bisa memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *