Macam-Macam Gerakan Keseimbangan untuk Koordinasi Tubuh yang Sehat

Macam-Macam Gerakan Keseimbangan untuk Koordinasi Tubuh yang Sehat

Tubuh Anda memerlukan keseimbangan agar bisa berkoordinasi dengan baik. Ketika tubuh berkoordinasi dengan baik, kesehatan Anda juga akan terjaga. Anda bisa meningkatkan keseimbangan dengan melakukan olahraga gerakan keseimbangan. 

Olahraga keseimbangan melibatkan otot inti, punggung bawah, dan kaki Anda. Hal ini akan melatih kekuatan tubuh bagian bawah Anda, dan membuat keseimbangan Anda semakin meningkat. 

Olahraga gerakan keseimbangan untuk anak

Olahraga gerakan keseimbangan sebenarnya disesuaikan berdasarkan usia Anda. Untuk anak-anak, gerakan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut: 

  • Berjalan dengan tumit kaki

Latihlah anak Anda untuk melakukan gerakan ini. Pertama-tama, angkat kedua lengan ke samping sampai posisinya sejajar dengan lantai. Lalu pasanglah tali atau menggunakan spidol untuk membuat tanda garis di lantai. 

Berjalanlah di garis lurus sesuai dengan garis yang sudah ditentukan. Sambil berjalan, letakkan tumit kaki di depan jari-jari kaki yang berlawanan. 

Gerakan ini sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Karena itu, akan tepat untuk dilatih oleh anak-anak. 

  • Patung musik

Anda mungkin tidak terlalu familiar dengan gerakan ini. Untuk melakukan gerakan ini, putarlah musik agar anak bergerak dan menari.

Minta mereka untuk bergerak dan menari mengikuti irama musik. Lalu, hentikan musik secara tiba-tiba. Ketika musik berhenti, anak harus ikut berhenti bergerak dan membekukan diri mereka sendiri.

Dorong mereka untuk membeku dengan posisi yang menuntut keseimbangan. Misalnya berdiri dengan satu kaki, berdiri dengan lengan terentang, atau bersandar ke satu arah tertentu. 

Ini akan membantu anak untuk menikmati latihan gerakan keseimbangan sambil bermain. 

Olahraga gerakan keseimbangan untuk lansia

Berbeda dengan latihan untuk anak, latihan keseimbangan untuk lansia melibatkan berbagai macam gerakan yang berbeda. Berikut ini beberapa contohnya: 

  • Jalan di atas tali

Anda tidak harus benar-benar berjalan di atas tali. Tapi, rentangkanlah kain berukuran sempit di atas permukaan lantai. Anda harus berjalan di atas kain tersebut tanpa keluar dari batas, seolah-olah tali itu adalah kain.

Ketika berjalan, rentangkan kedua tangan Anda ke samping, sejajar dengan lantai. Berjalanlah di atas kain tersebut setidaknya 15 langkah. 

  • Gerakan flamingo

Berdirilah dengan kaki kiri, posisi kaki kanan terangkat. Regangkan kaki kanan ke depan. Gunakan kursi atau dinding sebagai penyangga ketika kaki kanan diregangkan. 

Sambil melakukan gerakan tersebut, pastikan postur tubuh Anda tetap baik. Jaga tulang belakang, leher, dan kepala dalam satu garis yang lurus. 

Jika gerakan ini terasa terlalu mudah, ulurkan tangan Anda untuk meraih ujung kaki kanan yang diregangkan. Tahan selama 15 detik, lalu lakukan di sisi yang lainnya. 

  • Rock the boat

Untuk melakukan gerakan keseimbangan ini, pertama-tama posisikan tubuh untuk membuka kaki selebar pinggul. Kemudian, beri tekanan beban ke kedua kaki Anda secara merata. Jangan sampai, satu kaki menanggung beban yang lebih berat dari kaki yang lainnya. 

Setelah itu, barulah angkat kaki kanan Anda dan tumpukan beban tubuh ke kaki kiri Anda. Tahan selama 30 detik. Secara perlahan, turunkan kembali kaki kanan Anda dan posisikan kembali beban ke kedua kaki. 

Ulangi gerakan yang sama, namun kini ganti dengan mengangkat kaki kiri dan menumpukan beban ke kaki kanan. Ulangi terus gerakan ini sampai sepuluh kali.

Itulah beberapa olahraga gerakan keseimbangan yang bisa Anda coba sendiri di rumah, baik untuk orang dewasa, lansia, maupun anak-anak. Hal ini bisa membantu Anda agar menjadi lebih seimbang, sehingga koordinasi tubuh pun menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *