Konsultasi Perubahan Tubuh Saat Nifas di Puskesmas Tanah Abang

Banyak hal yang terjadi di tubuh Anda tepat setelah melahirkan. Selama kehamilan, tubuh Anda banyak berubah. Bekerja keras untuk menjaga bayi tetap aman dan sehat. Sekarang bayi Anda sudah lahir, namun mengapa tubuh terus berubah lagi? Beberapa dari perubahan ini bersifat fisik, seperti payudara, namun sebagian besar lainnya bersifat emosional, seperti merasa stres. Oleh karena itu, penting untuk Anda selalu melakukan konsultasi di Puskesmas Tanah Abang untuk mengetahui apa saja perubahan pada tubuh yang mungkin terjadi pasca melahirkan.

1. Nyeri perineum

Perineum adalah area antara vagina dan rektum. Bagian ini akan meregang dan mungkin robek selama persalinan dan kelahiran normal. Area ini sering terasa sakit setelah melahirkan, dan mungkin lebih sakit jika Anda menjalani episiotomi yang merupakan sayatan pada pembukaan vagina untuk membantu mengeluarkan bayi.

Anda dapat melakukan latihan kegel untuk memperkuat otot-otot di daerah panggul. Peras otot-otot yang Anda gunakan untuk menahan buang air kecil (kencing). Remas otot dengan kencang selama 10 detik lalu lepaskan. Cobalah untuk melakukan ini setidaknya 10 kali berturut-turut, tiga kali sehari.

2. Timbul rasa nyeri setelah melahirkan

Nyeri setelah melahirkan adalah kram perut yang Anda rasakan saat rahim (rahim) menyusut kembali ke ukuran biasanya setelah kehamilan. Rahim berbentuk bulat dan keras dan beratnya sekitar 2 pon. Sekitar 6 minggu setelah lahir, beratnya hanya 2 ons. Kram akan hilang dalam beberapa hari. Tepat setelah Anda melahirkan. 

3. Perubahan tubuh setelah operasi caesar

Kelahiran cesar (juga disebut operasi caesar) adalah operasi di mana bayi Anda lahir melalui sayatan yang dibuat di perut dan rahim. Operasi cesar adalah operasi besar, jadi mungkin perlu beberapa saat bagi Anda untuk pulih. Anda mungkin sangat lelah selama beberapa hari atau minggu pertama setelah operasi caesar karena kehilangan darah selama operasi dan membuat bekas sayatan (potong) di perut Anda mungkin terasa sakit.

Apa yang dapat Anda lakukan:

– Tanyakan dokter di Puskesmas Tanah Abang untuk obat nyeri. Periksakan diri sebelum Anda mengambil obat apapun untuk menghilangkan rasa sakit.

– Mintalah pasangan, keluarga, dan teman untuk membantu Anda merawat bayi.

– Beristirahatlah saat Anda bisa. Tidurlah saat bayi Anda tidur, bahkan saat ia tidur siang di siang hari.

– Jangan langsung berdiri dari posisi jongkok. 

– Jangan mengangkat sesuatu yang lebih berat dari bayi Anda.

– Dukung perut Anda dengan bantal saat menyusui.

– Minum banyak air untuk membantu menggantikan cairan dalam tubuh Anda.

4. Keputihan

Setelah bayi Anda lahir, tubuh akan membuang darah dan jaringan yang ada di dalam rahim. Kondisi ini disebut dengan keputihan atau lochia. Selama beberapa hari pertama, akan berwarna merah cerah dan mungkin mengandung gumpalan darah. Seiring waktu, alirannya semakin sedikit dan warnanya lebih terang. Anda mungkin mengalami keputihan selama beberapa minggu atau bahkan selama satu bulan atau lebih.

5.Pembengkakan payudara

Kondisi saat payudara Anda membengkak karena terisi dengan susu. Biasanya terjadi beberapa hari setelah melahirkan. Payudara Anda mungkin terasa lembut dan sakit. Ketidaknyamanan biasanya hilang setelah Anda mulai menyusui secara teratur. Jika Anda tidak menyusui, hal ini bisa berlangsung sampai payudara Anda berhenti membuat susu, biasanya dalam beberapa hari.

Cobalah untuk tidak melewatkan waktu menyusui atau jeda waktu yang lama di antara waktu menyusui. Jangan melewatkan makan malam. Sebelum Anda menyusui bayi, keluarkan sedikit ASI dari payudara Anda dengan pompa payudara atau dengan tangan. Mandi air hangat atau letakkan handuk hangat di payudara untuk membantu aliran ASI. Jika pembengkakan benar-benar menyakitkan, letakkan kompres dingin di payudara Anda. Bicaralah dengan dokter di Puskesmas Tanah Abang  atau konsultan laktasi jika Anda mengalami pembengkakan yang tidak kunjung reda meski usai menyusui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *