Khasiat Antasida Doen Tablet Kimia Farma untuk Penetral Asam Lambung

Jangan sepelekan jika Anda sedang mengalami pusing, mual, muntah dan nyeri di bagian ulu hati. Hal ini bisa jadi tanda-tanda Anda sedang mengidap penyakit asam lambung  (GERD-Gastroesophageal reflux disease) atau biasa disebut sebagai penyakit maag. Dalam mengatasi penyakit ini pun biasanya seseorang perlu rutin mengonsumsi obat seperti Antasida Doen tablet.

Sebenarnya penyakit tersebut tidak terlalu serius. Namun, jika berlangsung lama, bisa jadi naiknya asam lambung akan menjadi bahaya bagi kesehatan tubuh Anda. Bahkan, bisa mengakibatkan rasa asam atau pahit di bagian belakang mulut, sulit menelan makanan, batuk kronis atau asma, batuk kering secara terus-menerus di malam hari, bau tidak sedap pada napas, hingga gigi menjadi rusak. 

Antasida Doen Tablet Kimia Farma  harga terbaik 25821

Kapan Asam Lambung Bisa Naik?

Asam lambung yang naik dapat terjadi akibat adanya aliran balik dari sistem pencernaan ke organ kerongkongan (esofagus). Sebagai penyakit yang dikenal dengan penyakit maag, biasanya akan muncul rasa panas seolah terbakar pada bagian dada dan kerongkongan. 

Bahkan, di bagian belakang mulut terasa seperti kesemutan setelah makan makanan pedas atau makanan pemicu asam lambung dengan porsi yang besar. Selain itu, asam lambung bisa naik jika Anda berbaring secara langsung setelah makan. 

Pada kenyataannya, kenaikan asam lambung bisa terjadi kapan saja. Namun, biasanya akan muncul pada malam hari. Akan tetapi, Anda jangan sepelekan penyakit ini karena dapat mengakibatkan penyakit lainnya, seperti peradangan kerongkongan (esofagitis) dan kerusakan lapisan kerongkongan karena mengalami iritasi dari asam lambung atau bisa disebut sebagai Striktur esofagus

Obat Antasida Penetral Asam Lambung

Untuk menetralkan asam lambung, biasanya dokter menyarankan untuk meminum obat antasida, selain mengurangi konsumsi alkohol dan makanan yang berlemak, berhenti merokok, mengatur pola makan, dan mengendalikan stres dengan cara olahraga yang teratur. 

Obat antasida biasanya mengandung aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida yang cocok untuk menurunkan asam lambung berlebih. 

Zat Aluminium Hidroksida dan Magnesium Hidroksida

Aluminium Hidroksida dan Magnesium Hidroksida merupakan kedua zat berbentuk obat tunggal atau dalam bentuk kombinasi (campuran) yang dapat mengatasi gejala akibat produksi asam lambung berlebihan. 

Adapun cara kerja aluminium hidroksida sendiri adalah sebagai penetralisir asam lambung, melindungi dinding lambung dari iritasi asam lambung, dan mengurangi kadar fosfat dalam tubuh dengan cara mengikat fosfat yang berasal dari makanan yang Anda konsumsi.  

Beda halnya dengan Aluminium hidroksida, Magnesium hidroksida sendiri selain digunakan untuk menetralisir kenaikan asam lambung, juga dapat digunakan sebagai laksatif atau pencahar dalam mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Cara kerjanya sendiri biasanya dengan melunakkan feses agar buang air besar menjadi lancar. 

Kedua kandungan zat tersebut biasanya dapat ditemukan dalam bentuk tablet kunyah hingga kaplet. Salah satunya adalah pada obat Antasida Doen tablet yang dapat meredakan mual, muntah, dan nyeri ulu hati. Selain itu, obat ini juga dapat mengurangi rasa kembung pada perut dan sendawa yang berlebihan. 

Kandungan Aluminium hidroksida 200 mg dan Magnesium hidroksida 200 mg yang ada pada obat Antasida Doen tablet ini bisa digunakan dewasa maupun anak-anak. Untuk aturannya, obat ini dapat dikonsumsi dengan cara dikunyah pada 1 jam sebelum makan, 2 jam setelah makan, dan menjelang tidur malam. 

Obat Antasida Doen Tablet dapat ditemukan di banyak apotek dekat rumah Anda. Namun, jika Anda malas keluar rumah, Anda bisa memesan secara online melalui Toko SehatQ dengan harga Rp26.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *