Ketahui Bentuk Bibir Ideal Berdasarkan Keinginan saat Operasi Plastik

bentuk bibir ideal

Bentuk bibir ideal biasanya dibentuk berdasarkan tren yang sedang berkembang di masyarakat. Cara mengetahui selera bentuk bibir ideal salah satunya yaitu melalui selera pasien operasi plastik. Meskipun pada dasarnya, setiap generasi memiliki bentuk bibir ideal yang berubah dari waktu ke waktu.

Mengapa sebagian orang ingin mengubah bentuk bibirnya?

Bibir sangat penting untuk menentukan persepsi kecantikan agar dianggap lebih menarik. Operasi plastik bagian bibir menjadi tren baru akhir-akhir ini, meskipun terdapat beberapa kasus gagal saat operasi. Banyak orang menganggap bentuk bibir dianggap penting terutama bagi penampilan wanita. Saat ini bentuk bibir penuh sedang menjadi keinginan banyak wanita.

Apabila menilik sejarah, bentuk bibir penuh tidak hanya menandakan sensualitas melainkan juga dihubungkan dengan aktivitas seksual. Bibir penuh juga dikaitkan dengan kemudaan, kecantikan, dan gairah. Bibir yang terkesan kuat dan cemberut juga dianggap lebih menarik secara seksual baik bagi pria maupun wanita.

Operasi plastik menjadi pilihan instan untuk mengubah bentuk bibir. Akan tetapi, Anda harus mengetahui efek samping yang mungkin terjadi seperti:

  • Infeksi
  • Bekas luka
  • Pembengkakan parah
  • Pendarahan
  • Reaksi alergi terhadap anastesi

Efek samping tersebut biasanya terjadi beberpa hari setelah operasi. Di sisi lain, prosedur yang tepat mampu mengurangi tingkat keparahan efek samping.

Bentuk bibir ideal

Berdasarkan Journal of the American Medical Association, dilakukan sebuah penelitian dengan cara mengumpulkan 100 foto wanita dengan bentuk bibir yang berbeda. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengetahui bentuk bibir ideal menurut mereka. Hasil menunjukkan bahwa bibir menarik yaitu memiliki rasio bibir atas dan bawah sebesar 1:2. Rasio ini berpotensi dijadikan acuan bibir paling ideal dalam bidang bedah plastik wajah.

Akan tetapi, faktanya justru berbeda dengan tren yang beredar di masyarakat. Banyak orang yang menginginkan bibir bagian atasnya lebih tebal seperti idola selebritis mereka.

Sementara studi lain menunjukkan rasio bibir berbeda. Menurut Journal of Cranio-Maxillofacial Surgery, rasio bentuk bibir ideal bagian atas dan bawah yaitu 1:1. Setidaknya sebesar 60% subyek penelitian memilih bentuk ini. Mereka juga menginginkan bibir yang penuh dan simetris dengan cupid bibir yang jelas. Cupid merupakan lekukan bibir bagian atas.

Cara membuat bentuk bibir ideal tanpa operasi plastik

Apabila Anda menghindari efek samping operasi plastik namun tetap menginginkan bentuk bibir ideal tampak penuh dan sehat, berikut ini cara-cara lain yang lebih aman:

  • Lakukan eksfoliasi

Eksfoliasi mampu membersihkan bibir dari kulit mati dan kotoran lainnya, seperti sisa make up atau debu. Eksfoliasi bisa dilakukan menggunakan scrub bibir khusus. Bedakan dengan jenis scrub bibir wajah atau tubuh secara umum karena kulit bibir lebih sensitif dibandingkan bagian tubuh lainnya.

  • Jaga bibir agar tetap terhidrasi

Bibir yang kekurangan cairan akan terlihat mengerut dan tidak penuh. Gunakan pelembab bibir dan minum air secara rutin. Apabila Anda sering beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembab bibir ekstra SPF.

  • Gambar garis bibir

Mempertegas garis bibir mampu membuat bibir terlihat lebih besar dan tebal. Caranya yaitu dengan mengapliksikan concealer di garis bibir kemudian gambar menggunakan lip liner. Terakhir tambahakan lisptik di seluruh bagian bibir.

  • Tambahkan pewarna bibir dengan ekstra glossy

Efek glossy membuat bibir terlihat lebih penuh. Selain itu, kombinasi lipstik juga bisa dilakukan untuk menyempurnakan efek bibir penuh. Oleskan satu warna lipstik ke sluruh permukaan bibir. Kemudian tambahkan lipstik yang lebih terang di bagian tengah bibir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *