Kenali Jenis Diare dan Pengobatannya dengan Smecta Sachet

“Diare adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh banyak orang dikarenakan kurangnya perhatian pada makanan dan minuman, atau disebabkan oleh hal lain. Mengonsumsi Smecta sachet dapat mengatasi diare kronis dan diare nonspesifik.”

Pada saat mengonsumsi makanan banyak orang yang tidak dengan memerhatikan dampaknya kepada tubuh. Sehingga, sering kali terjadi masalah pencernaan, seperti sakit perut, muntah-muntah, diare, dan lainnya.

Jika diare terjadi, maka seringkali aktivitas sehari-hari Anda juga akan ikut terganggu karena harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air besar. Bila kondisi diare terus terjadi, maka bisa jadi akan muncul permasalahan lainnya seperti dehidrasi karena cairan terus keluar bersamaan saat BAB. Maka dari itu, Anda perlu segera mengatasi diare dengan cara mengonsumsi Smecta sachet

Apa itu Smecta

Smecta adalah obat serbuk yang diproduksi oleh Combiphar yang bisa mengatasi peyakit diare. Obat yang mengandung Dioctahedral smectie sebanyak 3,76 gr ini bisa dikonsumsi anak-anak hingga dewasa dengan dosis yang sudah ditentukan dan diminum dengan cara dilarutkan ke dalam air. 

Maka, pada saar diare terjadi Anda bisa langsung membeli smecta sachet di apotek karena obat ini termasuk ke dalam obat bebas tanpa perlu resep dokter.

Kandungan Smecta

Dioctahedral smectie adalah kandungan utama dari obat ini. Senyawa ini merupakan adsorben yang dapat banyak digunakan untuk pengobatan diare pada anak hingga dewasa. Dioctahedral smectie mampu menyerap bakteri, toksin, dan virus, serta mampu mencegah patogen tersebut menempel pada usus dan bisa menyebabkan diare.

Zat ini nantinya akan bekerja sama dengan lendir glikoprotein yang ada di dalam usus. Kemudian, akan meningkatkan kekebalan gel mukosa yang berfungsi sebagai pelingdung alami terhadap pemicu timbulnya diare.

Selain menjadi antidiare, Smecta sachet juga memiliki manfaat lainnya untuk tubuh, seperti mengatasi gangguan lainnya pada perut, sariawan, detoksifikasi, dan kondisi masalah lainnya yang disebabkan oleh makanan atau minuman yang terpapar oleh patogen.

Manfaat Smecta untuk diare

Diare adalah suatu gangguan sistem pencernaan yang ditandai dengan feses encer dan berair pada saat buang air besar serta terlalu sering keluar dalam satu hari. Pada saat mengalami diare, maka Anda menjadi lebih sering bolak-balik ke kamar mandi disertai dengan munculnya gela lain. Tidak hanya feses yang menjadi berair, gejela nyeri perut bawah, kembung, hingga mual pun bisa saja Anda rasakan.

Pada dasarnya, gangguan pencernaan yang satu ini biasanya akan sembuh selama 1 – 3 hari tanpa adanya perawatan. Namun terkadang, dengan munculnya diare, ada kemungkinan untuk menimbulkan komplikasi medis lainnya yang lebih serius, seperti dehidrasi, gangguan keseimbangan elektrolit, hingga gagal ginjal.

Oleh karena itu, sebelum diare menjadi semakin serius ada baiknya jika Anda melakukan pengobatan. Salah satu pengobatan yang biasa dilakukan adalah mengonsumsi Smecta sachet.

Smecta sendiri bisa mengobat diare dengan jenis diare kronis, dan diare nonspesifik.

  • Diare kronis

Diare kronis adalah diare yang sudah bertahan selama beberapa pekan dan tak kunjung reda. Penyebabnya bisa terjadi karena infeksi virus, bakteri, parasit, melemahnya sistem imun, atau terjadi karena hasil dari penyakit atau kelainan usus.

Dengan jangka waktu yang lama tersebut, diare kronnis akan berpotensi mengancam nyawa jika tidak segera ditangani.

  • Diare nonspesifik

Sedangkan pada diare nonspesifik adalah kondisi diare tanpa lendir atau darah yang tidak bisa diobati menggunakan antibiotik. Penyebab diare nonspesifik ini belum diketahui.

Maka dari itu, pada saat mengonsumsi smecta sachet, feses Anda akan dipadatkan agar permasalahan kedua jenis diare di atas teratasi dan bisa mencegah timbulnya kondisi yang lebih serius.

Hal yang harus diperhatikan

Walaupun termasuk ke dalam jenis obat bebas tanpa perlu resep dokter, tetapi pada saat mengonsumsi smecta Anda harus memerhatikan beberapa hal ini.

  1. Dosis 
  • Bagi anak di atas 12 tahun dan dewasa, 1 – 3 sachet per hari.
  • Anak 6 – 12 tahun, ½ – 1 ½ sachet per hari
  • Anak di bawah 6 tahun, disesuaikan dengan petunjuk dokter
  1. Aturan pakai

Pada saat ingin mengonsumsi smecta sachet, larutkan obat ke dalam 50ml air, dan aduk hingga semuanya larut.

  1. Jika dosis terlewat

Ada tiga kondisi yang bisa dilakukan bila Anda melewatkan jadwal meminum smecta sachet.

  • Bila jadwal sebelumnya masih dekat

Jika jadwal sebelumnya masih dekat, segeralah konsumsi sesuai dengan dosis yang terlewat.

  • Bila jadwal berikutnya sudah dekat

Jika jadwal selanjutnya sudah dekat, maka dosis yang terlewatkan bisa Anda abaikan dan hanya mengonsumsi dosis jadwal berikutnya.

  • Tidak perlu menggandakan dosis

Jika jadwal konsumsi obat ada yang terlewat, Anda tidak disarankan untuk menggandakan dosis di jadwal berikutnya, kecuali bila dokter menganjurkan hal tersebut.

Jadi, itulah pembahasan seputar manfaat smecta sachet untuk mengatasi diare yang terjadi. Selalu perhatikan asupan makanan dan minuman Anda agar terhindar dari penyebab terjadi masalah perncernaan yang satu ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *