Jumlah Kalori Nasi Goreng yang Perlu Anda Diketahui

Jumlah Kalori Nasi Goreng yang Perlu Anda Diketahui

Nasi goreng menjadi menu favorit orang Indonesia. Bahkan, tidak hanya orang Indonesia, tapi orang asing pun tak sedikit yang menyukai makanan yang satu ini. Tak heran jika pada tahun 2017, nasi goreng berada di posisi kedua sebagai makanan terenak di dunia setelah rendang. Namun, tahukah Anda berapa jumlah kalori nasi goreng?

Meskipun terlihat sepele, namun sangat penting untuk mengetahui berapa jumlah kalori nasi goreng. Tidak hanya untuk menjaga berat badan agar tidak berlebihan, tapi juga menjaga kesehatan tubuh. Sebab, kelebihan maupun kekurangan kalori dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Lalu, berapakah kalori nasi goreng?

Jumlah Kalori Nasi Goreng

Melansir dari Livestrong, menurut Pusat Informasi Nutrisi Makanan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) dalam satu porsi nasi goreng terdapat sekitar 228 kalori. Sementara, menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, jumlah kalori nasi goreng per porsinya adalah 267 kalori. 

Perlu diketahui bahwa cara pembuatan serta bahan-bahan yang digunakan pada nasi goreng ini berbeda-beda sehingga jumlah kalori yang ditemukan pun bisa berbeda-beda juga. Umumnya, nasi goreng terbuat dari campuran nasi putih yang diberi kecap, garam, bawang merah dan bawang putih, lalu digoreng menggunakan minyak sayur. 

Jumlah kalori nasi goreng akan semakin besar bila ditambah campuran, seperti daging, telur, seafood, dan sebagainya. Berikut perkiraan jumlah kalori nasi goreng dengan berbagai campuran per porsi sajiannya. 

  • Nasi goreng daging : 352 kalori
  • Nasi goreng udang : 329 kalori
  • Nasi goreng ayam : 343 kalori
  • Nasi goreng sayuran : 289 kalori
  • Nasi goreng Ikan asin : 557 kalori
  • Nasi goreng telur mata sapi : 408 kalori

Jumlah kalori nasi goreng di atas bisa kemungkinan bisa semakin tinggi jika ditambahkan makanan lain, seperti kerupuk atau acar. Meskipun kedua tambahan tersebut tidak memiliki kalori yang signifikan, tapi Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi nasi goreng beserta pelengkapnya secara berlebihan. Sebab, meskipun terlihat sehat, tapi terlalu sering mengonsumsi nasi goreng dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan sebagainya. 

Sebagai perbandingan, jumlah kalori nasi goreng ternyata setara dengan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh saat melakukan olahraga berenang atau jogging selama 30 menit, yakni 198-294 kalori. 

Batasan Mengonsumsi Nasi Goreng Per Hari

Menurut National Health Service (NHS) UK, rata-rata kalori yang dibutuhkan wanita per harinya sekitar 2.000 kalori agar dapat beraktivitas normal, sedangkan laki-laki membutuhkan sekitar 2.500 kalori per harinya. Jika kalori nasi goreng biasa tanpa campuran telur, ayam, atau lainnya saja sekitar 267 kalori, sebaiknya wanita tidak mengonsumsi nasi goreng lebih dari tiga kali per harinya, sedangkan laki-laki tidak lebih dari empat kali. Dengan catatan tidak mengonsumsi makanan jenis lainnya dalam satu hari. 

Perlu diingat juga bahwa batasan aman seseorang mengonsumsi nasi goreng bisa lebih banyak atau sedikit. Hal ini tergantung pada kecepatan metabolisme tubuh dalam membakar kalori. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi kecepatan metabolisme adalah sebagai berikut. 

  • Usia : anak-anak dan remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan lebih banyak energi sehingga jumlah kalori yang dikonsumsi akan lebih banyak.
  • Gaya hidup : semakin Anda aktif bergerak, maka semakin banyak juga nasi goreng yang diperbolehkan
  • Ukuran tubuh – tinggi dan berat badan dapat memengaruhi seberapa banyak kalori yang dibutuhkan tubuh. 

Cara Mengurangi Jumlah Kalori Nasi Goreng

Jika Anda ingin membuat nasi goreng di rumah, ada banyak cara untuk mengurangi jumlah kalori nasi goreng, di antaranya :

  • Perbanyak sayur-sayuran atau membuat nasi goreng vegetarian.
  • Memilih potongan daging, ikan, atau ayam tanpa lemak.
  • Menggunakan multi-grain rice sebagai pengganti nasi putih.
  • Menggunakan sedikit minyak saat  memasak nasi goreng juga dapat menurunkan jumlah kalori nasi goreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *