Jangan Salah! Simak Tips Memilih Earphone Bluetooth Terbaik

Earphone bluetooth adalah standar teknologi komunikasi jarak pendek nirkabel yang ditemukan di jutaan produk yang kita gunakan setiap hari – seperti smartphone, laptop, dan speaker portable. Produk dengan teknologi bluetooth dapat terhubung secara nirkabel dengan perangkat terdekat lainnya yang juga memiliki bluetooth. Mencari earphone bluetooth terbaik untuk yang tidak mudah rusak memerlukan ketelitian yang cukup jeli. Apalagi, saat ini banyak merek yang dijual di pasaran dengan berbagai pilihan menarik. Oleh karena itu, coba simak beberapa tips mencari earphone bluetooth terbaik berikut ini.

Earphone bluetooth untuk olahraga

1. Penggunaan

Jika Anda akan menggunakan earphone bluetooth di tempat kerja yang bising untuk berbicara dengan orang lain di telepon, Anda mungkin memerlukan headphone dengan fitur peredam bising dan peredam angin. Jika Anda gemar mendengarkan musik sambil bekerja, belilah earphone bluetooth terbaik karena memiliki kualitas suara yang lebih baik.

Akan tetapi, jika Jika menggunakannya untuk berjalan-jalan atau olahraga, mungkin penggunaan earphone bluetooth adalah pilihan yang tepat.  Anda dapat memilih earphone bluetooth yang memiliki pengait atau sesuatu yang lebih stabil dengan ujung karet silikon yang tetap terpasang supaya tidak mudah jatuh.

2. Masa Pakai Baterai

Earphone bluetooth memerlukan pengisian daya, jadi tanyakan tentang masa pakai baterai sebelum membeli. Umumnya, semakin besar earphone bluetooth, semakin lama masa pakai baterai, meskipun earphone bluetooth yang lebih kecil biasanya terlihat lebih baik dan lebih nyaman. Earphone bluetooth rata-rata dapat bekerja hingga 4-5 jam dengan sekali pengisian daya, dan waktu siaga berkisar dari kurang dari seminggu hingga lebih dari dua minggu untuk earphone bluetooth.

3. Suara Mono, Stereo, dan HD 

Earphone bluetooth suara mono memiliki satu lubang suara dan memberikan suara ke satu telinga, dengan kualitas suara yang dapat diterima untuk panggilan dan fungsi dasar lainnya. Namun, jika Anda ingin menggunakannya untuk mendengarkan musik atau bermain video game, pertimbangkan untuk membeli earphone bluetooth dengan dua buah earpiece dan suara stereo yang menawarkan kualitas suara yang bagus dengan harga yang terjangkau. 

4. Penyandingan multipoint

Penyandingan multipoint adalah kemampuan untuk menghubungkan earphone bluetooth Anda ke lebih dari satu perangkat yang kompatibel dengan bluetooth, seperti ponsel, laptop, atau tablet Anda secara bersamaan. 

5. Fungsionalitas perintah suara

Earphone bluetooth memungkinkan pemasangan ke perangkat, memeriksa status baterai, menjawab panggilan, dan menolak panggilan. Beberapa earphone bluetooth mengizinkan pengguna untuk mengakses perintah suara yang disertakan dengan smartphone, tablet, atau perangkat pasangan Bluetooth lainnya. Hal ini membuatnya lebih mudah digunakan saat memasak, mengemudi, berolahraga, dan bekerja. 

6. Kenyamanan

Tidak mempertimbangkan kenyamanan saat membeli earphone bluetooth bisa menjadi kesalahan. Beberapa earphone bluetooth menggunakan tali kepala untuk tetap di tempatnya, sementara yang lain menjepit di sekitar telinga. Beberapa earphone bluetooth memiliki earbud yang masuk ke dalam telinga dan terletak di pintu masuk ke saluran telinga atau di tepi luar cuping telinga. Beberapa model earbud memiliki bantalan speaker yang dapat diganti dengan bentuk berbeda sehingga konsumen dapat memilih yang paling nyaman bagi mereka.

Beberapa orang merasa telinga mereka sakit setelah memakai earphone bluetooth selama beberapa jam, sementara yang lain merasa tidak nyaman dengan earphone yang terpasang di telinga mereka. Cobalah produk di toko jika memungkinkan untuk memastikan rasanya enak di telinga Anda.

7. Mic

Bagi orang yang membutuhkan earphone bluetooth terutama untuk menelepon, penting untuk memeriksa kualitas suaranya terlebih dahulu. Lakukan ini dengan menelepon seorang teman dan memastikan bahwa percakapan itu jelas, terdengar, dan tanpa gangguan di kedua ujungnya. Periksa tingkat volume dalam dan luar ruangan, dan seberapa jelas suara dalam situasi yang berbeda.

8. Jangkauan 

Jika Anda adalah orang yang banyak bergerak tanpa ponsel, earphone bluetooth dengan jangkauan yang baik diperlukan. Sebagian besar earphone bluetooth terbaik berjalan dengan bluetooth Kelas 2, yang menyediakan jangkauan hingga 33 kaki sebelum kualitas suara mulai menurun. Namun, ada beberapa earphone bluetooth Kelas 1 yang memiliki jangkauan hingga 300 kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *