Jangan Remehkan Gejala Gangguan Muskuloskeletal

Pernah mendengar istilah gangguan muskuloskeletal? Meskipun terdengar asing, gangguan ini termasuk kondisi umum yang bisa dialami banyak orang. Ini merupakan kondisi medis ketika adanya rasa sakit yang menyerang bagian tulang, otot, maupun sendi Anda dengan tingkat keparahan yang bervariasi. 

Gangguan muskuloskeletal bisa dirasakan di seluruh area tubuh, mulai dari kaki, tangan, leher, pinggang, sampai ke punggung. Jika kondisinya sudah parah, Anda pun bisa mengalami kendala untuk melakukan aktivitas harian karena gangguan muskuloskeletal. 

Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, namun sangat dipengaruhi oleh pertambahan usia ataupun cedera yang Anda alami. Lalu, kapan Anda bisa dikategorikan mengalami gangguan muskuloskeletal? Pahami gejalanya di bawah ini. 

Kekakuan Sendi 

Anda mungkin sering tiba-tiba merasa sulit bergerak aktif. Kesulitan ini muncul khususnya di area-area sendi. Ini merupakan salah satu gejala gangguan muskuloskeletal yang paling khas. Di mana kekakuan sendi akan awalnya tidak akan terlalu terasa dan mengganggu. Namun lamban laun, kekakuan akan semakin dirasakan hingga mengganggu aktivitas Anda. 

Kemerahan 

Kekakuan sendi yang menjadi gejala gangguan muskuloskeletal tidak berdiri sendirian. Gejala ini kerap bersandingan dengan munculnya ruam kemerahan di sekitar sendi. Ini menandakan adanya peradangan yang terjadi di bagian tubuh Anda tersebut. Kemerahan yang menjadi gejala muskuloskeletal biasanya terjadi pada kondisi kekakuan sendi yang sudah cukup parah. 

Kesemutan 

Jangan meremehkan kondisi kesemutan. Apabila Anda terus-menerus mengalami kesemutan di bagian tubuh tertentu, bisa jadi itu merupakan gejala kondisi penyakit serius yang mesti segera ditangani. Gangguan muskuloskeletal sendiri kerap menghadirkan gejala yang satu in. Namun jika di penyakit lain kesemutan kerap berbuntut menjadi kram, hal tersebut tidak terjadi ketika Anda mengalami gangguan muskuloskeletal . 

Nyeri Berulang 

Nyeri bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, baik ketika Anda mengalami cedera maupun ketika Anda mengalami suatu penyakit yang berhubungan dengan peradangan. Nyeri pun bisa Anda rasakan ketika terserang gangguan muskuloskeletal. Rasa nyeri tersebut bisa terasa di leher, punggung, kaki, maupun tangan Anda. Ciri khas dari nyeri yang merupakan gejala gangguan muskuloskeletal  adalah nyeri berulang yang tidak kunjung membaik seperti ditusuk benda tumpul. 

Pembengkakan 

Apakah ketika mengalami gangguan muskuloskeletal, Anda bisa mengalami pembengkakan? Tentu saja bisa. Pembengkakan sendiri merupakan bagian dari gejala yang cukup khas dari gangguan muskuloskeletal. Biasanya, pembengkakan juga terjadi di area sendi maupun di bagian tubuh yang terasa nyeri. Anda bisa memberikan kompresan air dingin atau air hangat untuk menjadi terapi pembengkakan tersebut. 

Rasa Lemah dan Lemas 

Adanya rasa nyeri yang terus berulang juga kekakuan sendi tidak ayal membuat tubuh berada dalam mode perlawanan terhadap peradangan yang disebabkan oleh gangguan muskuloskeletal. Perlawanan ini akan menghabiskan banyak energi tubuh Anda. Rasa lemah dan lemas tidak jarang akan Anda rasakan apabila terus membiarkan gejala muskuloskeletal ini menjangkiti Anda. Gangguan muskuloskeletal juga akan membuat Anda merasa lemah dalam menggerakkan otot dan sendi, khususnya di bagian tubuh yang untuk bergerak. 

Gangguan Tidur  

Gangguan muskuloskeletal  bukan hanya menghadirkan gejala yang langsung menyasar bagian sendi, otot, maupun tulang. Pada tahap tertentu, masalah kesehatan ini juga bisa menimbulkan gangguan tidur yang membuat kondisi tubuh Anda semakin terasa lemah dan lemas. Gangguan tidur bisa beraneka ragam bentuknya. Bukan hanya menjadi kesulitan tidur atau insomnia, tidur dengan kualitas buruk karena adanya sleep apnea maupun sering terbangun pada malam hari, juga merupakan gangguan tidur. 

*** 

Jika memang sering merasakan gejala gangguan muskuloskeletal , sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Terapi fisik maupu obat-obatan mungkin akan diberikan kepada Anda apabila gangguan muskuloskeletal yang Anda alami sudah tergolong cukup berat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *