Inilah Manfaat Mengonsumsi Keju Slice Terbaik

Keju adalah salah satu pelengkap yang biasa digunakan untuk memasak makanan populer seperti burger, pizza, salad, dan sandwich. Anda bisa membuat sandwich dengan mudah hanya menggunakan keju slice terbaik.

Tak hanya sandwich, keju slice terbaik juga bisa ditambahkan ke kue kering, sup, dan banyak hidangan lainnya. Akan tetapi, Anda perlu mengetahui beberapa manfaat yang akan Anda peroleh usai mengonsumsi keju slice. Berikut penjelasannya.

Keju slice yang sehat mengandung protein dan kalsium yang tinggi

Manfaat Keju 

Keju dapat memberikan manfaat kesehatan berikut ini.

1. Kesehatan Tulang

Keju mengandung kalsium, protein, magnesium, seng, dan vitamin A, D, dan K yang dapat mendukung perkembangan tulang tetap sehat pada anak-anak dan dewasa, serta dapat mencegah osteoporosis.

2. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Keju dapat mendukung kesehatan gigi. Hal ini karena kandungan kalsium pada keju memainkan peran yang penting dalam pembentukan gigi. Selain itu, keju dipercaya dapat meningkatkan pH pada plak gigi, sehingga dapat menawarkan perlindungan terhadap terjadinya gigi berlubang. 

3. Mengatur Tekanan Darah

Kalsium adalah nutrisi yang diperlukan untuk membantu menurunkan tekanan darah. Akan tetapi, manfaat ini biasanya hanya diperoleh dari keju rendah lemak dan rendah sodium seperti keju cottage, keju ricotta, parmesan, feta, keju kambing, dan keju krim rendah lemak.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapat keju slice terbaik, sebaiknya tetap periksa informasi nutrisi, karena ada beberapa produk keju yang telah ditambah natrium. 

4. Keju Sebagai Sumber Antioksidan

Pada penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 yang diterbitkan oleh British Journal of Nutrition menyebutkan bahwa antioksidan yang terdapat pada keju dapat melindungi terhadap efek negatif natrium, setidaknya dalam jangka pendek. Dalam hasil penelitian tersebut, menyebutkan bahwa pembuluh darah partisipan yang mengonsumsi keju susu berfungsi lebih baik daripada pembuluh darah peserta penelitian yang mengonsumsi pretzel atau keju kedelai.

5. Meningkatkan Mikrobiota Usus

Sebagai sebuah makanan fermentasi, keju dapat berfungsi untuk membantu meningkatkan mikrobiota atau bakteri usus yang sehat. Hal ini bisa memiliki efek positif pada kolesterol darah.

6. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Studi telah menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang tinggi biasanya hanya memiliki kadar kalsium yang rendah. Keju sendiri merupakan sumber kalsium yang baik, dan bisa dimanfaatkan untuk Anda yang sedang diet penurunan berat badan.

7. Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 biasanya ditemukan di beberapa jenis keju, terutama yang terbuat dari susu yang dihasilkan dari sapi yang mengonsumsi rumput Alpine. Asam lemak omega 3 diyakini memiliki manfaat untuk fungsi sistem kardiovaskular dan otak.

8. Menyehatkan Sel

Sel-sel tubuh membutuhkan protein untuk membangun dan memperbaiki jika da kerusakan pada sel. Satu on keju cheddar mengandung 7 gram protein. 

Risiko Mengonsumsi Keju

Satu ons keju cheddar diketahui memiliki kandungan sekitar 120 kalori dan 6 gram lemak jenuh. Padahal, asupan lemak jenuh yang tinggi dapat meningkatkan risiko diabetes, obesitas, dan masalah kardiovaskular. Keju terutama keju olahan dan produk rasa keju juga mengandung natrium yang tinggi. Selain itu, dikhawatirkan tentang keberadaan hormon estrogen dan hormon steroid lainnya dalam produk susu yang dapat mengganggu sistem endokrin dan berpotensi meningkatkan risiko beberapa jenis kanker.

Tak hanya itu, Anda juga perlu untuk berhati-hati mengonsumsi keju apalagi jika mengalami kondisi alergi, intoleransi, dan sensitivitas usai mengonsumsi keju. Keju lunak dan segar seperti mozarella diketahui dapat memicu reaksi pada orang dengan intoleransi laktosa. Sedangkan keju yang teksturnya lebih keras seperti cheddar dan parmesan, memiliki kadar laktosa yang lebih rendah. Oleh karena itu, jika Anda mengalami intoleransi laktosa, mungkin Anda harus mengurangi porsi keju yang Anda konsumsi.

Keju slice terbaik memang memiliki manfaat kesehatan, tetapi produk keju tersebut dapat memicu faktor risiko untuk terkena penyakit kardiovaskular atau kenaikan berat badan. Oleh karena itu, pilihlah keju slice terbaik yang memiliki kandungan sodium dan lemak yang rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *