Flutamol Tablet Meredakan Gejala Flu

Influenza, juga dikenal dengan sebutan penyakit flu, merupakan sebuah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan Anda. Adapun sistem pernapasan tersebut terdiri dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Bagi banyak orang, gejala penyakit influenza akan sembuh dengan sendirinya. Namun, gejala yang mengganggu seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, ataupun sakit kepala dan batuk berdahak dapat diatasi menggunakan obat seperti Flutamol tablet

Namun, terkadang penggunaan Flutamol tablet saja tidak cukup. Dan influenza dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang dapat mengakibatkan kematian, terutama pada mereka yang memiliki risiko tinggi. Orang-orang yang memiliki risiko tinggi menderita komplikasi akibat penyakit flu di antaranya adalah anak-anak usia di bawah 5 tahun (terutama mereka yang berusia di bawah 6 bulan), lansia berusia di atas 65 tahun, mereka yang tinggal di panti jompo atau fasilitas perawatan jangka panjang, ibu hamil dan ibu pasca melahirkan setelah 2 minggu, orang-orang dengan sistem imun yang melemah, orang-orang yang menderita penyakit kronis seperti penyakit jantung, ginjal, hati, dan diabetes, serta orang-orang yang menderita obesitas dengan indeks massa tubuh (BMI) lebih tinggi dari 40. Meskipun vaksin penyakit flu tahunan tidak selamanya efektif 100 persen, vaksin ini masih menjadi pertahanan terbaik tubuh Anda dari penyakit flu. 

Berbeda dengan penyakit demam (yang berkembang dengan perlahan), penyakit flu sering datang dengan tiba-tiba dan cepat. Gejala seperti hidung meler, bersin-bersin, dan radang tenggorokan menjadi gejala utama influenza. Obat seperti Flutamol tablet dapat membantu meredakan gejala ini. Kebanyakan kasus flu bisa Anda rawat sendiri di rumah dan biasanya tidak membutuhkan bantuan perawatan khusus dari dokter. Namun, apabila Anda memiliki gejala flu dan berisiko tinggi menderita komplikasi, periksakan diri. Minum obat-obatan antivirus dapat mengurangi durasi penyakit dan membantu mencegah penyakit yang diderita menjadi lebih serius atau parah. Jika Anda menunjukkan adanya tanda-tanda kegawatdaruratan penyakit flu, seperti sesak napas atau sulit bernapas, nyeri dada, pusing yang terus menerus terjadi, kejang, kondisi medis yang semakin parah, dan nyeri otot parah, carilah bantuan perawatan medis secepatnya. 

Apa yang menyebabkan penyakit ini?

Virus influenza menyebar lewat droplet yang ada di udara. Droplet hasil seseorang penderita flu batuk, bersin, atau bahkan berbicara dapat mengandung virus influenza di dalamnya. Anda dapat menghirup droplet tersebut secara langsung, ataupun menyentuh permukaan benda yang tercemar virus untuk kemudian menularkannya ke tubuh saat Anda menyentuh mulut, hidung, dan mata. 

Virus influenza terus berubah secara konstan, dengan beragam strain baru terus muncul berdatangan. Jika Anda pernah menderita penyakit flu sebelumnya, tubuh Anda telah membuat antibodi untuk melawan strain virus khusus tersebut. Jika virus influenza berikutnya mirip dengan apa yang pernah Anda derita sebelumnya atau pernah mendapatkan vaksinasi untuk melawannya, antibodi dapat mencegah terjadinya infeksi dan mengurangi tingkat keparahan penyakit. Namun, level antibodi dapat terus berkurang seiring dengan berjalannya waktu. Selain itu, antibodi pelawan penyakit yang pernah Anda derita sebelumnya mungkin tidak dapat melindungi tubuh dari strain influenza baru, yang dapat sangat berbeda dengan apa yang pernah Anda miliki sebelumnya. 

Dalam banyak kasus, penyakit influenza akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu mendapatkan perawatan medis khusus. Anda bisa mengurangi gejala seperti sakit kepala, bersin-bersin, batuk, dan nyeri otot dengan mengonsumsi obat seperti Flutamol tablet. Namun, apabila gejala tidak kunjung sembuh, hubungi dokter segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *