Cegah Penuaan Dini dengan Facial Massage

Efek relaksasi yang ditimbulkannya membuat pijat wajah atau facial massage banyak diminati.  Apakah Anda termasuk penggemar facial massage?

Ada titik-titik pada wajah, leher, dan bahu yang diberi tekanan saat proses facial massage. Alirah darah menjadi lebih lancar, sehingga terasa sensasi rileks dan menyenangkan.

Mencegah penuaan dini

Bagian menarik dari facial massage, tidak harus selalu dilakukan oleh terapis, Anda juga dapat melakukannya sendiri di rumah. Tekniknya memang cukup beragam. Anda dapat memijat dengan gerakan melingkar di pelipis, menekan alis dari bagian dalam ke luar dengan jari manis, dan lain sebagainya.

Rutin melakukan pijat wajah dapat membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Terdapat penelitian yang melaporkan bahwa, memijat wajah dan leher selama 8 minggu menghindarkan Anda dari munculnya tanda-tanda penuaan, terlebih bila prosedur memijat tersebut dibantu dengan krim anti penuaan.

Di dalam penelitian tersebut, para peneliti melihat munculnya kerutan atau kulit yang mengendur. Ternyata, partisipan yang melakukan facial massage secara teratur memiliki kerutan baru yang lebih sedikit. Tekstur kulit pun cenderung stabil dan tidak kendur.

Manfaat lain dari facial massage

Meskipun Anda melakukan facial massage untuk menghindari munculnya tanda-tanda penuaan, namun prosedur ini akan memberikan manfaat lebih besar lagi. Di bawah ini beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari prosedur pijat wajah.

1. Mencegah timbulnya jerawat

Konon, memijat beberapa bagian wajah atau facial massage dapat membantu mencegah timbulnya jerawat. Karena aliran darah di wajah menjadi lebih lancar. Untuk tujuan ini, disarankan menggunakan minyak zaitun saat melakukan pijat wajah.

Meski demikian, tidak disarankan untuk melakukan pijat wajah pada bagian wajah yang berjerawat meradang atau saat wajah sedang berjerawat banyak.

2. Wajah lebih bersinar

Memiliki wajah yang bersinar atau glowing menjadi impian banyak orang. Hal ini bisa dicapat dengan rutin melakukan facial massage, loh!

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa 59% perempuan yang melakukan facial massage merasakan wajahnya lebih bersinar. Tidak berhenti sampai di sini, tekstur kulit wajah 54% dari partisipan menjadi lebih kenyal. Sementara 50% lainnya merasakan kulit menjadi lebih kencang.

Manfaat tersebut diduga karena adanya efek rileks yang ditimbulkan setelah menjalani pijat wajah.

3. Membantu menyamarkan jaringan parut

Facial massage juga disebutkan dapat membantu proses penyembuhan luka di wajah. Lancarnya aliran darah di sekitar wajah, membuat pemulihan luka berjalan lebih optimal. Hal ini juga membantu menyamarkan tekstur tidak rata akibat luka tersebut.

Di samping itu, pijat wajah juga membantu meredakan berbagai gejala yang menyertai luka, seperti nyeri, gatal, atau keluhan lainnya. Namun, pijat wajah tidak disarankan bila penyembuhan luka masih tahap awal sekali.

4. Relaksasi dan menutrisi kulit

Layaknya pijat badan, facial massage juga dapat memberikan efek relaksasi. Ketegangan di sekitar wajah, baik karena lelah setelah beraktivitas atau stres, dapat mereda. Selain rileks, kulit leher dan wajah pun menjadi lebih sehat.

Telah disebutkan sebelumnya, facial massage melancarkan aliran darah di wajah. Hal ini membuat asupan nutrisi pada kulit wajah semakin optimal.

Untuk memudahkan dan mengoptimalkan manfaatnya, facial massage dapat dilakukan dengan menggunakan minyak, krim, atau serum tertentu. Pengaplikasiannya boleh langsung menggunakan jari tangan atau memanfaatkan face roller atau jade roller. Memahami titik-titik tertentu yang perlu diberi tekanan, akan semakin mengoptimalkan manfaat dari pijat wajah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *