Bergizi Tinggi, Yuk Kenali 7 Manfaat Rumput Laut Wakame

Bergizi Tinggi, Yuk Kenali 7 Manfaat Rumput Laut Wakame

Wakame adalah sejenis rumput laut berwarna hijau tua yang dikeringkan. Rumput laut wakame banyak ditemukan dalam masakan Jepang dan Asia lainnya, seperti sup, salad, dan makanan ringan.  

Wakame berbeda dengan nori yang digunakan untuk membuat sushi. Nori berbentuk lembaran datar dan kering, sedangkan wakame biasanya berbentuk potongan yang agak layu. Rumput laut wakame perlu direndam sebelum digunakan, sedangkan nori biasanya dipanggang sebelum penyusunan sushi roll, atau onigiri.

Tak hanya lezat, rumput laut wakame juga bergizi karena mengandung magnesium, yodium, kalsium, zat besi, serta aneka vitamin seperti A, B2, B6, C, D, E, K yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Selain itu, berikut 8 manfaat kesehatan dari rumput laut wakame.

1. Rendah kalori dan kaya nutrisi

Selain menghadirkan rasa dan tekstur yang unik pada sup dan salad, wakame rendah kalori tetapi mengandung banyak nutrisi yang penting untuk kesehatan.  

Bahkan dalam jumlah kecil, wakame dapat membantu meningkatkan asupan mineral seperti yodium, mangan, folat, magnesium, dan kalsium untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi.

2. Sumber yodium yang sangat baik 

Wakame memiliki rasa asin yang ternyata kaya akan yodium. Saat ini ada banyak orang yang kekurangan yodium. Gejala kekurangan yodium dapat berupa penambahan berat badan, kelelahan, rambut rontok dan kulit kering dan bersisik.

Padahal, yodium adalah mineral penting yang digunakan tubuh Anda untuk menghasilkan hormon tiroid, yang membantu mendukung pertumbuhan, metabolisme, sintesis protein, dan perbaikan sel. 

Nah, ternyata rumput laut wakame adalah sumber yodium yang baik, yang penting untuk fungsi tiroid dan produksi hormon tiroid. Terdapat 42 mcg yodium per gram, yaitu sekitar 28% yodium pada wakame. 

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Wakame juga punya manfaat dahsyat pada kesehatan yaitu menurunkan risiko penyakit jantung akibat tekanan darah tinggi. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menambahkan wakame ke dalam makanan Anda dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan mengoptimalkan kesehatan jantung .

4. Mengandung zat anti kanker

Wakame mengandung senyawa penting fucoxanthin yang baik untuk zat antikanker dan antitumor. 

Menurut penelitian, fucoxanthin dapat menyembuhkan kanker payudara dan kolorektal kanker. Selain sebagai diet sehat, rumput laut wakame juga sangat tepat dikonsumsi bagi Anda yang ingin terhindar dari kanker. 

5. Membunuh sel kanker

Tak hanya mencegah, salah satu manfaat kesehatan yang paling mengesankan dari wakame adalah kemampuannya untuk memblokir pertumbuhan sel kanker. Hal ini lantaran kandungan yodium pada wakame dapat membantu dalam proses membunuh sel kanker atau apoptosis sel. 

Kanker payudara dapat dicegah dengan mengonsumsi yodium yang baik. Meskipun yodium berguna untuk membunuh sel kanker, Anda juga tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi yodium, ya! 

6. Menurunkan gula darah

Beberapa penelitian menemukan bahwa rumput laut wakame dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan resistensi insulin untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Ini karena kandungan senyawa fucoxanthin yang ada pada wakame yang ternyata dapat menormalkan tekanan darah. Zat ini mengakumulasi lemak dan meningkatkan produksi DHA pada hati. 

Satu studi empat minggu menunjukkan bahwa melengkapi dengan 48 gram rumput laut setiap hari secara signifikan menurunkan kadar gula darah pada 20 orang penderita diabetes.  

7. Menurunkan berat badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda mungkin harus mencoba memasukkan rumput laut wakame ke dalam menu diet Anda.

Kandungan fucoxanthin pada wakame ternyata sangat baik untuk membakar lemak dan memberikan rasa kenyang lebih lama   

Wakame dapat direndam dan ditambahkan ke sup, salad, dan lauk untuk meningkatkan profil gizi makanan favorit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *