Begini Perawatan Kaki Pecah-pecah Menggunakan Bahan Alami

Apakah Anda salah satu orang yang mengalami permasalahan tumit kaki pecah-pecah? Terdengar sepele, beberapa orang memilih untuk mengabaikan permasalahan ini tanpa mencoba melakukan perawatan kaki untuk mengatasinya. Padahal, jika dibiarkan berlarut-larut, masalah kaki pecah-pecah dapat menimbulkan rasa nyeri ketika berjalan dan beraktivitas, bahkan memicu infeksi serius.

Di bawah ini terdapat rekomendasi perawatan kaki pecah-pecah menggunakan bahan alami, sehingga tumit kaki Anda terjaga kesehatan dan kelembapannya. 

  • Minyak zaitun

Salah satu bahan alami yang digunakan untuk perawatan kaki adalah minyak zaitun. Memang sudah sejak dari dulu minyak zaitun diyakini bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan kaki pecah-pecah, dilakukan dengan mengoleskan minyak zaitun pada permukaan tumit yang bermasalah sambil memijatnya lembut selama 10-15 menit. Setelah itu, kenakan kaus kaki semalaman agar minyak dapat menyerap dengan baik. Cara ini berguna untuk melembapkan kulit dan melancarkan sirkulasi darah yang dapat mempercepat proses penyembuhan kaki pecah-pecah.

  • Madu

Tentu Anda tidak asing dengan bahan alami yang satu ini. Madu dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk untuk perawatan kaki pecah-pecah. 

Dalam sebuah hasil penelitian, disebutkan bahwa kandungan antibakteri dan antimikroba dalam madu dapat melembapkan kulit dan mempercepat proses penyembuhan kaki pecah-pecah. 

Anda hanya perlu merendam kedua kaki ke dalam baskom yang sebelumnya telah diisi dengan air hangat dicampur dengan segelas madu. Lakukan kegiatan merendam kaki ini selama 15-20 menit dan gosok permukaan tumit kaki pecah-pecah. Cara lainnya, yaitu dengan mengoleskan madu sebagai masker pada kaki yang didiamkan semalaman. 

  • Petroleum jelly dan air lemon

Mungkin Anda pernah mendengar informasi bahwa petroleum jelly bermanfaat untuk mengatasi kulit kaki pecah-pecah. Kegiatan perawatan kaki ini dapat Anda kombinasikan dengan air lemon dan membuatnya serupa dengan pasta. Langkah yang perlu Anda lakukan untuk memanfaatkan petroleum jelly dan air lemon sebagai perawatan kaki, antara lain:

  • Rendam kaki dalam air hangat sekitar 20 menit.
  • Keringkan kaki dengan handuk bersih
  • Campurkan 1 sendok teh petroleum jelly dan 3 sendok teh air lemon dalam sebuah mangkuk. Aduk rata hingga teksturnya menjadi pasta.
  • Oleskan pada permukaan kulit tumit pecah-pecah.
  • Diamkan selama satu jam.
  • Minyak kelapa

Dalam minyak kelapa, terdapat kandungan antimikroba dan antiradang yang diyakini dapat menghaluskan tumit kaki pecah-pecah, mengalami infeksi, bahkan berdarah. 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan, yaitu merendam kaki ke dalam air hangat selama beberapa menit, lalu mengoleskan minyak kelapa pada permukaan kaki yang bermasalah, disambil dengan memijatnya secara lembut.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan minyak almond atau minyak wijen sebagai bahan alami perawatan kaki.

  • Masker pisang dan alpukat

Alternatif bahan alami lainnya yang dapat Anda gunakan untuk perawatan kaki pecah-pecah, yaitu masker pisang dan alpukat. Anda perlu untuk mencampurkan satu buah pisang matang dengan ½ buah alpukat, lalu menghaluskannya secara merata hingga menjadi pasta dengan tekstur sesuai keinginan Anda. 

Setelah pasta masker pisang dan alpukat tersebut jadi, maka oleskan pada area tumit kaki pecah-pecah dan biarkan hingga 15-20 menit. Lalu, bilas dengan air hangat sampai bersih. 

Di dalam alpukat, terdapat vitamin A, vitamin E, nutrisi baik, dan asam lemak omega yang bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan kulit kaki yang bermasalah. Selain itu, pisang juga dapat membantu untuk melembapkan kulit.


Ingin mendapatkan informasi dan tips menjaga kesehatan kulit lainnya? Simak SehatQ.com untuk kabar kesehatan dan kecantikan terbaru dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *