Apa Saja Manfaat yang Ditawarkan Minyak Zaitun bagi Kesehatan?

Minyak zaitun yang berasal dari buah pohon zaitun dikenal memiliki banyak kegunaan. Umumnya, minyak zaitun digunakan sebagai pelengkap untuk santapan salad dan juga dapat digunakan sebagai pengganti mentega, margarin, dan minyak sayur untuk masak-memasak. Namun, di samping dua kegunaan tersebut, ternyata minyak zaitun menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Mari simak artikel berikut untuk informasi selengkapnya!

9 manfaat minyak zaitun bagi kesehatan

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan yang telah diketahui, antara lain:

  1. Minyak zaitun bermanfaat dalam membantu menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah serta menjaga dinding pembuluh darah. Tidak hanya itu, ia juga bermanfaat untuk meredakan peradangan, menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Minyak zaitun juga dikenal karena manfaatnya yang dapat membantu menurunkan berat badan.
  2. Dikatakan bahwa minyak zaitun dapat menghilangkan plak betaamyloid yang merupakan pemicu penyakit Alzheimer. Namun, studi ini terbatas sebagai eksperimen terhadap hewan uji coba, dan belum terbukti manfaatnya pada manusia.
  3. Minyak zaitun dikatakan bermanfaat untuk menurunkan kemungkinan terjadinya stroke dan diabetes tipe 2. Sebagai contoh, diet mediterania yang mengandung minyak zaitun telah terbukti menurunkan kejadian dua penyakit tersebut. Namun, belum dijelaskan secara pasti apakah hal tersebut dikarenakan kandungan minyak zaitun atau bahan makanan lain.
  4. Minyak zaitun dipercaya dapat meredakan peradangan dan menurunkan kejadian radang usus besar (colitis) hingga 90%. Kandungan asam oleat sebesar 73% dalam minyak zaitun memiliki fungsi antiradang, sehingga memungkinkan hal tersebut terjadi.
  5. Tidak hanya mengandung sifat antiradang, namun minyak zaitun juga memiliki kandungan oleocanthal yang memiliki fungsi serupa dengan obat antiradang ibuprofen. Kandungan ini berfungsi untuk meredakan peradangan pada sendi (rheumatoid arthritis).
  6. Dengan kandungan asam oleat dan hydroxytyrosol minyak zaitun berfungsi mencegah terjadinya pankreatitis akut berbahaya.
  7. Orang yang mengkonsumsi minyak zaitun memiliki risiko lebih rendah sebesar 48% dibanding dengan orang yang mengonsumsi lemak trans. Hal ini menandakan bahwa minyak zaitun berfungsi untuk menurunkan risiko terjadinya depresi.
  8. Dengan mengonsumsi 30 gram minyak zaitun extra virgin, infeksi yang terjadi karena bakteri Helicobacter pylori yang memicu luka dan kanker lambung, dapat diobati hingga mencapai 40%.
  9. Kandungan antioksidan, seperti vitamin K dan E dalam minyak zaitun terbukti menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *