Apa Penyebab Jantung Berdebar? Simak Penjelasannya Berikut

Seseorang akan merasakan jantungnya berdebar lebih cepat ketika menghadapi situasi dan kondisi tertentu. Perasaan kaget, melihat atau melakukan sesuatu yang memicu adrenalin, dapat menjadi contoh penyebab jantung berdebar.

Jantung berdebar atau palpitasi jantung adalah suatu kondisi, di mana seseorang akan merasakan jantungnya berdebar lebih cepat secara tidak teratur untuk beberapa waktu tertentu. Kondisi ini dapat berlangsung dalam hitungan detik maupun menit. Umumnya, kondisi ini normal dialami. Namun, akan menjadi sebuah kekhawatiran jika terjadi secara berulang.

Apa penyebab jantung berdebar?

Terdapat berbagai kemungkinan yang menjadi penyebab jantung berdebar, di antaranya yaitu ketika seseorang merasa stres atau cemas, setelah melakukan olahraga atau mengonsumsi kafein, nikotin, dan obat-obatan tertentu (diet atau demam), hingga masalah pada jantung, rendahnya jumlah oksigen dalam darah, tiroid yang terlalu aktif, dan kadar kalium dalam darah tidak normal.

Seperti apa tanda-tanda jantung berdebar?

Jantung berdebar muncul dengan gejala-gejala tertentu, seperti perasaan berdebar-debar, denyut jantung yang terasa lebih cepat, hingga tak sadarkan diri atau pingsan. Ketika Anda mengalami kondisi ini, hal pertama yang perlu dilakukan adalah untuk menenangkan diri terlebih dahulu agar denyut jantung dapat kembali normal. Jika kondisi jantung berdebar terus berlangsung dan mengganggu Anda, maka segera periksakan kondisi Anda ke dokter.

Bagaimana mendiagnosis jantung berdebar?

Ketika Anda berkonsultasi dengan dokter, maka dokter biasanya akan merekomendasikan Anda untuk melakukan pemeriksaan fisik dan denyut jantung. Hal ini dilakukan untuk menentukan penyebab pasti dari kondisi yang Anda alami. Beberapa tes yang dokter akan sarankan untuk dilakukan, yaitu:

  1. Elektrokardiogram

Elektrokardiogram atau EKG adalah alat yang digunakan untuk mendiagnosis kondisi jantung berdebar. Alat ini memiliki sensor yang dapat mendeteksi sinyal listrik pada jantung.

  1. Ekokardiogram

Tes dengan ekokardiogram menggunakan gelombang suara untuk mendapatkan gambaran struktur, ukuran, fungsi, dan gerakan jantung.

Bagaimana mengatasi kondisi jantung berdebar?

Beberapa hal yang mungkin dokter sarankan kepada Anda, yaitu untuk menghindari penyebab jantung berdebar yang memicu kondisi tersebut. Dokter juga menyarankan Anda agar menghindari situasi yang memicu stres dan melakukan meditasi atau yoga. Menerapkan pola hidup sehat, seperti tidak menggunakan narkoba dan tidak mengonsumsi kafein atau nikotin, juga dapat mengurangi risiko jantung berdebar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *