7 Manfaat Alga Hijau dan Biru Bagi Kesehatan

7 Manfaat Alga Hijau dan Biru Bagi Kesehatan

Apakah Anda mengetahui tentang alga? Alga adalah organisme autotrof yang hidupnya di dalam laut. Salah satu alga yang terkenal adalah alga hijau atau biru. Manfaat alga ini juga banyak bagi kesehatan karena mengandung protein dan mineral penting bagi tubuh.

Dalam satu sendok makan alga hijau atau biru, terkandung mineral dan protein seperti zat besi, kalsium, magnesium, hingga potasium. Itulah kenapa banyak sekali manfaat alga bagi tubuh.

Sebenarnya Apa Itu Alga?

Alga sebenarnya bukan hanya sebatas tanaman hijau yang tumbuh di dasar atau permukaan air saja. Ada juga jenis alga yang bisa dimakan. Seperti spirulina, rumput laut, hingga chlorella. Namun, ada pula jenis alga yang beracun, lho. 

Alga hijau dan alga biru memiliki perbedaan meskipun sama-sama bermanfaat. Pada alga hijau terdapat klorofil, chloroplast, serta beta karoten yang biasanya ditemukan di perairan. Akan tetapi alga hijau tidak bisa mengimbangi atmosfer nitrogen. Berbeda dengan alga biru yang tidak terdapat kloroplas di dalamnya.

Manfaat Alga bagi Kesehatan

Alga mengandung tinggi antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat alga hijau dan biru ini? Simak selengkapnya berikut ini.

  1. Meredakan Gejala Alergi Rhinitis

Manfaat alga biru yang tidak dimiliki oleh alga hijau adalah bisa meredakan alergi rhinitis. Sehingga spirulina biasanya dijadikan sebagai alternatif untuk mengobati radang yang terjadi di rongga penciuman. Seperti bersin, hidung berair, hidung tersumbat, hingga terasa sensasi gatal.

  1. Membantu Membuang Racun yang Ada di Tubuh

Chlorella menjadi populer karena bermanfaat dalam membuang racun dalam tubuh. Alga ini juga bisa mengikat metal berbahaya seperti cadmium yang bisa meracuni tubuh jika dalam jumlah berlebihan.

Tubuh bisa terpapar bahan berbahaya ini karena polusi, atau bekerja di lingkungan tambang. Selain itu, jenis alga ini juga bisa menurunkan kadar zat berbahaya, misalnya dioksin yang terdapat pada makanan.

Akan tetapi, manfaat yang disebutkan di atas belum terbukti terdapat pada suplemen alga biru seperti spirulina.

  1. Memperbaiki Kadar Kolesterol

Chlorella yang dikonsumsi 5-10 gram setiap hari ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol LDL pada orang yang menderita hipertensi atau darah tinggi. 

Dalam chlorella ini terkandung serat, niacin, karoten, hingga antioksidan yang dapat mencegah terjadinya oksidasi kolesterol LDL.

  1. Sebagai Sumber Antioksidan

Alga hijau juga mengandung komponen antioksidan seperti vitamin C, klorofil, beta karoten, lutein, hingga likopen. Antioksidan ini bisa membantu mengatasi berbagai penyakit seperti misalnya diabetes.

Tidak hanya itu, spirulina atau alga biru juga bisa menjadi sumber antioksidan yang luar biasa. Spirulina berwarna biru kehijauan karena adanya zat phycocyanin. Zat inilah yang bermanfaat menangkal radikal bebas dna menghambat adanya produksi molekul yang menyebabkan terjadinya peradangan.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menurut studi yang dilakukan, manfaat alga chlorella bagi daya tahan tubuh ternyata cukup menjanjikan. Partisipan yang diteliti diminta mengonsumsi chlorella 6 gram alga hijau selama sebulan. Hasilnya, di akhir periode penelitian, tingkat saturasi oksigen peserta meningkat drastis. 

Sedangkan ketika mengonsumsi alga biru, daya tahan tubuh dan kekuatan otot partisipan jadi meningkat. 

  1. Mengendalikan Tekanan Darah

Suplemen alha juga bisa menyehatkan ginjal dan jantung sehingga membuat tekanan darah seseorang jadi lebih terkendali.

Kandungan nutrisi chlorella seperti arginine, potasium, omega-3, hingga kalsium dapat menekan risiko penyumbatan pembuluh darah arteri. Sama halnya dengan konsumsi spirulina. Kandungan dalam spirulina dapat membuat produksi oksida nitrat jadi meningkat dan membuat pembuluh darah juga jadi rileks dan melebar.

  1. Mengendalikan Gula Darah

Manfaat alga yang digabungkan dengan terapi akan membuat kadar gula darah lebih terkendali. Menurut studi, konsumsi chlorella selama 12 pekan bisa menurunkan kadar gula darah seseorang akibat gaya hidup yang tidak sehat.

Sama seperti halnya dengan konsumsi alga hijau, konsumsi spirulina juga bisa menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Bahkan di beberapa kasus, manfaat alga ini lebih efektif dibanding obat diabetes itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *