6 Cara Mencegah Obesitas Tanpa Ribet

Memiliki berat badan berlebih yang tergolong obesitas tentu bukan kabar baik bagi kesehatan tubuh Anda. Kondisi obesitas ini bisa memancing berbagai penyakit serius mampir ke tubuh Anda, mulai dari tekanan darah tinggi sampai penyakit jantung koroner. 

Apabila saat ini Anda melihat pergerakan arah timbangan semakin menuju ke kanan, sebaiknya Anda mulai mencari cara mencegah obesitas guna membuat kesehatan dan kebugaran tubuh terjaga. Bagaimanapun cara mencegah obesitas akan lebih mudah dibandingkan Anda harus menurunkan berat badan dalam jumlah besar ketika obesitas sudah menghampiri.

Cara mencegah berat badan berlebih pun sebenarnya tidak ribet. Jangan membayangkan Anda harus diet ketat setiap waktu dan tidak boleh menyentuh nasi. Nyatanya, beberapa langkah kecil di bawah ini bisa menjadi cara mencegah obesitas yang ampuh. 

  1. Perbanyak Buah dan Sayur

Menambah porsi buah dan sayur dalam menu makanan Anda tiap harinya bisa menjadi cara mencegah obesitas yang sangat efektif. Buah dan sayur memiliki kandungan serat tinggi. Serat ini berfungsi memperlancar sistem pencernaan sekaligus mencegah Anda lebih mudah lapar. Dengan demikian, intensitas makan Anda akan lebih terjaga dan potensi obesitas dapat didepak. 

  1. Hindari Makanan Olahan 

Anda mungkin berpikir untuk menjauhi daging dan sumber karbohidrat agar tidak terkena obesitas. Cara tersebut jelas salah. Protein dan karbohidrat berguna sebagai sumber energi bagi tubuh. Menghilangkan makanan dengan kandungan ini justru bisa membuat tubuh lemas dan mudah sakit. Jika memang ingin menghindari risiko obesitas, makanan-makana olahanlah yang patut Anda hindari. Sosis, bakso, kornet, dan beragam makanan olahan lainnya memiliki kandungan garam dan gula yang sangat tinggi sehingga mempercepat kenaikan berat badan. 

  1. Perbanyak Aktivitas Fisik 

Selain makanan, aktivitas fisik juga menjadi penentu Anda terperangkap dalam kondisi obesitas atau tidak. Jika ingin mencari cara mencegah obesitas, Anda cukup memperbanyak aktivitas fisik. Jangan bayangkan olahraga yang terlalu berat, memperbanyak langkah tiap hari sudah menjadi aktivitas fisik yang ampuh untuk menjaga berat badan. Membersihkan rumah tiap hari pun bisa menjadi pilijan aktivitas fisik untuk mencegah kemungkinan obesitas menimpa Anda. 

  1. Batasi Waktu Layar 

Waktu layar adalah jumlah jam yang Anda habiskan dalam sehari untuk menatap layar telepon pintar, laptop, maupun televisi. Pembatasan waktu layar bisa menjadi cara mencegah obesitas yang cukup ampuh. Pasalnya jika terlalu banyak di depan layar, Anda menjadi malas bergerak sehingga tubuh akan menggemuk lebih cepat. Tidak ingin demikian, bukan?

  1. Cukupkan Waktu Tidur 

Salah apabila ada yang mengatakan tidur adalah salah satu sumber penggemuk badan. Nyatanya, cara mencegah obesitas yang sangat mudah dan tanpa ribet adalah tidur dalam jumlah yang cukup. Pada saat tidur, ada kalori yang terbakar sehingga tubuh bermetabolime dengan baik. Tidur yang cukup juga bisa menjaga keseimbangan hormon yang mengontrol nafsu makan. Kekurangan waktu tidur malah bisa merusak keseimbangan hormon tersebut sehingga Anda akan lebih mudah merasa lapar. 

  1. Kelola Stres dengan Baik 

Tahu tidak jika stres merupakan sumber obesitas yang kerap tidak disadari? Ketika Anda merasa stres, Anda cenderung mengundang nafsu makan tidak terkendali. Bahaya obesitas pun menjadi di depan mata. Stres memang tidak bisa dihilangkan dalam kehidupan seseorang. Namun, Anda bisa mengelolanya dengan baik sebagai cara mencegah obesitas. Lakukanlah hobi Anda dan seringlah melakukan relaksasi untuk mereduksi stres yang berlebih. 

*** 

Tidak sulit bukan cara mencegah obesitas yang bisa Anda lakukan sehari-hari? Karena caranya mudah, Anda pun dapat melakukannya dengan konsisten sebab tidak merasa terpaksa ketika menjalankan berbagai trik menghindari obesitas tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *