5 Cara Mencegah Terjebak dari Sikap Rasis

5 Cara Mencegah Terjebak dari Sikap Rasis

Bertindak dan melakukan sikap rasis bisa dilakukan oleh siapapun. Anda pun mungkin kadang-kadang melakukan sikap rasis tanpa Anda sadari ketika memilih tidak berteman dengan seseorang atau menjauhi sekelompok tertentu karena merasa tidak ada yang keuntungan yang bisa diperoleh jika bergaul dengannya. 

Lama-kelamaan, sikap rasis yang terkesan sepele tersebut bisa membuat Anda terjebak dalam sikap rasis yang lebih parah. Nantinya Anda bisa dengan mudah mendiskriminasi orang lain atau berlaku buruk terhadap ras tertentu, tanpa menyadari tindakan tersebut salah. 

Karena itu, sedari awal lebih baik Anda mulai melakukan strategi agar tidak terjebak dalam sikap rasis tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara yang dapat Anda lakukan guna tidak menjadi orang yang penuh dengan rasa dan sikap rasis. Bahkan dengan cara-cara ini, Anda juga bisa menekan rasisme yang terjadi di sekitar Anda. 

  1. Jangan Tertawa untuk Lelucon Rasis 

Awal mula sikap rasis bisa jadi muncul dari model bercanda yang mengarah pada ras tertentu. Dari candaan tersebut, muncul stigma terhadap orang-orang dengan ras tersebut yang lebih mengarah ke peremehan. Mulai sekarang, sebaiknya Anda tidak mengikuti bercandaan yang mengarah ke rasisme. Jika terpaksa harus bergabung dengan orang-orang yang sedang melakukan lelucon tersebut, jangan tertawa terhadap apa yang dilontarkan mereka sebab hal ini akan membuat lelucon tersebut terus digaungkan. Tunjukkan pada mereka bahwa Anda tidak menyukai lelucon rasis. 

  1. Keluar dari “Benteng”

Jangan hanya di rumah saja atau jangan terlalu nyaman bersenang-senang di kota Anda. Cobalah melangkahkan kaki untuk melakukan perjalanan jauh. Perjalananan akan membuat Anda menyadari bahwa ada banyak ras di berbagai tempat dan bagaimana sikap baik mereka memperlakukan Anda. Menyadari hal tersebut akan membuat Anda sadar bahwa bukan hanya Anda ataupun ras Anda yang baik dan bisa mendapatkan perlakuan layak di dunia. Ada banyak ras lain yang berhak mendapatkan kenyamanan dan kebaikan tersebut. 

  1. Stop Berasumsi 

Salah satu akar dari sikap rasis adalah asumsi yang berlebihan terhadap suatu kelompok tertentu. Asumsi tersebut sering kali tidak benar dan hanya muncul karena praduga yang tidak beralasan. Mulai sekarang jika menjumpai orang lain ataupun berinteraksi dengan orang lain, stop asumsi Anda! Asumsi hanya akan menggiring Anda ke pemikiran rasis sehingga Anda pun akan lebih melakukan tindakan-tindakan yang mengarah ke rasisme. 

  1. Berteman dengan Banyak Ras 

Berteman dengan banyak orang belum tentu baik. Berteman hanya dengan satu ras cenderung akan membuat Anda mudah memperlakukan orang lain dengan sikap rasis. Lebih baik, Anda mulai mencari teman-teman baru yang berbeda ras. Semakin banyak Anda memiliki teman yang berbeda ras, Anda akan semakin mengerti betapa majemuknya dunia ini. Dengan demikian, sikap rasis Anda pun akan luntur dengan sendirinya. 

  1. Jangan Mudah Percaya Media 

Beberapa gambaran di media baiknya tidak langsung Anda percayai, apalagi jika hal yang digambarkan cenderung mengarah ke ras tertentu. Sudah banyak peran media membuat sikap rasis terus eksis di dunia. Sebaiknya jika memperoleh gambaran akan ras tertentu di media, Anda mengecek ulang hal tersebut. Tidak ada salahnya Anda langsung bertanya kepada orang-orang atau teman Anda yang terkategori dalam ras tersebut mengenai benar tidaknya apa yang ditayangkan oleh media mengenai ras mereka. 

*** 

Sikap rasis tidak akan membuat diri Anda maupun dunia ini menjadi lebih baik. Justru dengan mencegah bersikap rasis, kondisi akan lebih damai dan pertikaian bisa diminimalkan. Karena itu, nyatakan peperangan dengan sikap rasis mulai sekarang, yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *