4 Alasan Pentingnya Menggunakan Eye Care Mulai Sekarang

4 Alasan Pentingnya Menggunakan Eye Care Mulai Sekarang

Penggunaan eye care penting dilakukan untuk mencegah kulit di area mata kering, yang bisa menyebabkan munculnya garis halus, keriput, hingga mata panda. 

Sebagai informasi, kulit di area mata adalah kulit yang paling tipis, lebih rapuh, dan rentan kering, sehingga cepat mengalami tanda penuaan dini seperti kulit keriput, garis-garis halus hingga membuat kulit jadi kendur. 

Untuk itu, penggunaan eye care harus sudah dilakukan mulai usia 20 tahun, untuk memperlambat munculnya garis-garis halus pada kulit area mata.

Krim mata biasanya memiliki formula khusus untuk melembapkan kulit di sekitar mata, sehingga memiliki tekstur yang lebih kental dan mengandung lebih banyak minyak.

Berikut beberapa alasan, pentingnya mengaplikasikan eye care sedini mungkin untuk mencegah tanda penuaan dini. 

Kulit di sekitar mata lebih tipis dan butuh perlindungan ekstra

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika kulit di area mata 10 kali lipat lebih tipis dibandingkan kulit lainnya, sehingga rentan mengalami kekeringan, dan menunjukkan tanda penuaan dini. 

Melakukan gerakan-gerakan mata, seperti menyipitkan mata juga menjadi salah satu penyebab munculnya garis dan kerutan, dan menyebabkan mata bengkak hingga munculnya lingkaran hitam. 

Untuk itu, kita membutuhkan eye cream khusus dengan kandungan vitamin C, peptida, dan retinol yang bisa meningkatkan produksi kolagen. Sehingga, tanda penuaan bisa dicegah dan membuat kita terlihat awet muda. 

Kulit area mata tidak memiliki kelembapan alami

Kulit di area mata tidak memiliki pori-pori sebanyak area kulit lainnya, sehingga rentan mengalami kekeringan dan tidak memiliki kelembapan alami dari sebum. 

Meskipun sekresi sebum dianggap sebagai kotoran, namun dalam beberapa hal sangat dibutuhkan untuk memberikan kelembapan alami sehingga menjaga kulit tetap sehat dan halus.

Adanya paparan sinar matahari secara langsung yang cukup panas, juga membuat kulit di area mata cukup kering, sehingga membutuhkan perlindungan ekstra agar kulit tetap lembap dengan penggunaan eye care

Produksi kolagen menurun 

Kolagen merupakan salah satu kandungan di dalam kulit yang bisa menjaga keelastisan kulit. Namun, produksi kolagen akan terus menurun seiring bertambahnya usia, sehingga bisa menyebabkan munculnya keriput. 

Selain karena faktor usia, hal ini biasanya juga terjadi karena faktor seperti hormon, polusi, paparan sinar matahari, dan juga pola hidup yang tidak sehat. 

Bagian pertama yang terdampak penurunan kolagen adalah area mata, sehingga menyebabkan mata jadi keriput dan muncul garis halus. Untuk itu harus dilindungi dengan cream yang tepat agar elastisitas kulit tetap terjaga. 

Area mata terus bergerak dan mengalami ketegangan setiap hari

Area mata memiliki aktivitas yang cukup banyak dan sering mengalami ketegangan setiap hari, seperti berkedip yang bisa terjadi hingga 10.000 kali dalam sehari, mengerutkan kening, menangis, hingga menyipitkan mata. 

Belum lagi, saat kita menggosok mata, memakai riasan, hingga menggunakan lensa kontak. Semua gerakan ini bisa menyebabkan mata cepat memunculkan garis-garis halus dan keriput. Sehingga, harus diberikan perlindungan ekstra agar kulit di area mata tetap sehat dan awet muda. 

Bagaimana cara merawat kulit area mata?

Selain rutin memberikan eye cream setiap hari, beberapa kebiasaan ini juga bisa menjaga kesehatan kulit di area mata agar tetap sehat dan kencang, seperti:

  • Hapus riasan hingga bersih dan lembut dengan menggunakan bahan khusus, seperti eye remover, sehingga tidak membuat area mata iritasi.
  • Oleskan krim mata dan pijat atau tepuk-tepuk hingga krim sudah terserap dengan baik.
  • Hindari penggunaan alkohol untuk membersihkan wajah, sebab hal ini bisa membuat kulit di area mata jadi kering.
  • Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti timun atau kentang untuk mengatasi mata yang lelah serta bisa membantu mengencangkan kulit.

Dengan mengetahui hal ini, selalu jaga kesehatan dan kelembapan kulit di area mata, ya. Pastikan kamu rutin menggunakan eye care setiap pagi dan malam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *