11 Obat Batuk Herbal untuk Anak, Air Garam hingga Rebusan Jahe

Anak-anak memang rentan mengalami batuk. Sebelum memberikan anak obat batuk yang dijual di apotek atau di pasaran, ada baiknya mencoba obat batuk herbal untuk anak yang terbuat dari ramuan alami.

Obat batuk herbal ini tentu bisa jadi alternatif yang cenderung lebih aman untuk mengobati batuk pada Si Kecil. 

Obat Herbal Alami untuk Atasi Batuk Anak

  1. Air garam

Air garam diyakini bisa menyerap cairan yang berlebih dari jaringan tenggorokan yang bengkak. Sehingga umum digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Bahkan, air garam juga disebut-sebut bisa mengurangi dahak dan batuk. 

Cara membuat ramuan air garam ini sangatlah mudah. Aduk satu sendok teh garam dengan satu gelas air hangat. Kemudian, campuran air garam ini digunakan untuk berkumur di bagian belakang tenggorokan beberapa saat, lalu dibuang. 

Air garam ini cukup untuk mengobati batuk untuk anak-anak. Namun, jangan diberikan pada anak yang belum bisa berkumur karena bisa berbahaya.

  1. Daun saga

Daun saga juga disebut sebagai obat batuk alami yang bisa digunakan untuk meredakan batuk anak. Obat ini dapat membantu mengeluarkan dahak dan melegakan tenggorokan. 

Anda bisa memanfaatkan daun saga ini dengan cara yang cukup mudah. Sediakan satu genggam daun saga yang sudah dicuci bersih. kemudian rendam dengan air panas. Peras daunnya hingga mengeluarkan cairan berwarna hijau pekat. Minum air perasan hingga batuk anak mereda. 

  1. Bunga belimbing wuluh

Buah belimbing wuluh memang dijadikan untuk menambah rasa asam pada masakan. Nah, bunga belimbing wuluh ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk untuk anak. 

Selain untuk mengatasi batuk, ternyata belimbing juga bisa mengatasi keracunan makanan, sakit kepala kronis, malaria, dan daun belimbing dapat mengobati bisul di kulit, lho.

  1. Kunyit

Dalam kunyit terkandung curcumin yang bersifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus. Ini membuat kunyit diyakini bisa menjadi obat herbal alami untuk mengatasi gejala batuk kering. 

Jangan khawatir, sebab kunyit bisa dibuat menjadi susu atau golden milk. Atau bisa juga dibuat dengan mencampurkan madu, garam, atau lada hitam sehingga khasiatnya akan semakin kaya. 

  1. Kencur

Kencur bubuk yang dicampur dengan madu bisa menjadi obat alami yang digunakan untuk mengatasi batuk anak. Anda bisa membuat sari kencur dengan cara memarut kencur yang dicampur dengan air. Atau bisa juga dengan merebus parutan kencur dengan air. Lalu, saring sebelum diminum agar airnya lebih mudah dicerna.

  1. Jahe

Jahe termasuk salah satu ramuan tradisional yang banyak sekali manfaatnya. Bumbu dapur ini ternyata juga bisa mengobati batuk anak secara alami. 

Jahe sudah terbukti ampuh meredakan batuk dan juga melegakan pernapasan. Dalam jahe mengandung senyawa antiinflamasi yang akan membuat saluran pernapasan jadi lebih rileks, sehingga batuk asma atau batuk kering.

Cara membuat air rebusan jahe ini tidaklah sulit. Pertama, rendam 20-40 gram jahe yang sudah diiris dalam satu gelas air panas. Biarkan selama beberapa menit sebelum air rendaman diminum. 

  1. Akar marshmallow

Akar marshmallow memang cukup asing di Indonesia. Akan tetapi, di berbagai negara lain banyak orang menggunakan akar ini sebagai obat batuk herbal untuk anak. 

Manfaat ramuan ini sudah dirasakan oleh orang-orang sejak zaman dahulu. Akar marshmallow bisa diseduh. Tambahkan air panas dalam secangkir gelas yang berisi akar marshmallow. Minum air seduhan jika sudah hangat. 

Akar marshmallow mengandung lendir yang tinggi sehingga ampuh meredakan iritasi karena batuk. Anda bisa menemukan akar ini di supermarket atau di e-commerce.

  1. Madu

Madu juga termasuk salah satu obat herbal untuk mengobati batuk. Madu memiliki banyak sekali manfaat baik yang sudah terbukti sejak dulu. Anda bisa mencampurkan dua sendok teh madu dengan air hangat. Minum 1-2 kali sehari untuk mengatasi batuk dan mengencerkan dahak.

Madu juga bisa dicampur dengan ramuan lain agar khasiatnya lebih banyak dan rasanya lebih enak.

Ingat ya, madu hanya bisa diberikan pada anak yang berusia di atas 1 tahun untuk menghindari Botulisme pada bayi. Botulisme merupakan kondisi serius di mana anak mengalami kejang hingga otot kaku.

  1. Minyak esensial

Anak yang sedang batuk dan flu akan lebih rewel dan sulit tidur. Rasa gatal yang dialami ini akan membuat anak jadi tidak nyaman. Anda juga bisa memanfaatkan minyak esensial di ruangan atau kamar anak agar pernapasannya jadi lebih lega.

Produk-produk herbal ini populer dan efektif meredakan batuk atau nyeri otot saat dioleskan di kulit anak atau pun diubah menjadi bentuk uap.

  1. Makanan probiotik

Ada pula obat batuk herbal untuk anak berupa sup hangat. Sup mengandung probiotik yang bisa meredakan batuk dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Ini akan membantu melawan infeksi yang disebabkan karena batuk. 

Contoh sup yang kaya akan probiotik adalah miso sup. Masakan ini juga ampuh meningkatkan napsu makan anak. 

  1. Thyme 

Thyme tidak hanya sebagai bumbu masakan, tapi juga bisa bermanfaat sebagai obat batuk alami. Thyme mengandung antioksidan sehingga ampuh meredakan batuk, khususnya jenis bronkitis.

Anda bisa mendapatkan manfaat thyme sebagai obat batuk dengan menyeduh 2 sendok teh thyme kering dengan secangkir air panas, mirip seperti menyeduh teh. Tunggu selama 10 menit, air seduhan baru bisa diminum.

Itulah 11 obat batuk herbal untuk anak yang bisa dicoba. Jika batuk anak tak kunjung mereda, segera konsultasikan ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *