10 Penyebab Pandangan Kabur yang Wajib Diketahui

10 Penyebab Pandangan Kabur yang Wajib Diketahui

Ketika kualitas penglihatan menurun dan terlihat tidak fokus berarti kamu sedang mengalami pandangan kabur. Hal ini biasanya disebabkan karena ada masalah pada fungsi mata seperti kornea, retina, atau karena saraf optik. 

Dengan menyipitkan mata, pandangan yang kabur biasanya akan jelas dan fokus kembali. Meskipun bukan masalah yang serius, gejala pandangan kabur yang disertai dengan keluhan lain juga bisa menjadi tanda adanya masalah pada tubuh. Untuk itu jangan pernah diabaikan dan segera menemui dokter untuk pengobatan lebih lanjut.  

Berikut ini beberapa penyebab pandangan pada mata kita kabur dan tidak fokus yang wajib kamu ketahui.

Rabun jauh dan rabun dekat

Miopi (rabun jauh) dan hipermetropi (rabun dekat) merupakan salah satu penyebab pandangan kabur yang umum terjadi.

Miopi terjadi karena kelainan pada struktur mata yang membuat cahaya yang masuk tidak bisa fokus. Sehingga penderitanya tidak bisa melihat objek dari jarak jauh.

Saat kamu bisa mendapatkan pandangan yang fokus hanya dengan menyipitkan mata, bisa jadi kamu mengalami miopi. 

Sedangkan rabun dekat terjadi ketika seseorang tidak bisa melihat objek yang jaraknya dekat dan malah bisa melihat objek yang jaraknya lebih jauh. 

Penggunaan lensa kontak

Beberapa orang mengaku lebih menyukai menggunakan lensa kontak karena bisa membuat mata jadi cantik. Namun, jika penggunaannya tidak tepat malah bisa membuat pandangan jadi kabur. 

Salah satu kebiasaan buruk penggunaan lensa kontak yang berefek pada mata yakni memakai lensa kontak terlalu lama, tidak menjaga kebersihan lensa kontak, hingga menggunakan lensa kontak yang sudah kadaluarsa. 

Katarak

Pandangan buram merupakan salah satu gejala awal seseorang terkena katarak. Hal ini karena protein yang ada di lensa mata menghalangi cahaya yang masuk ke dalam retina. Untuk mengurangi gejala ini, cara yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan operasi.  

Ablasi retina

Ablasi retina bisa terjadi karena retina pada mata terlepas dari tempatnya. Penderita ablasi retina kemungkinan akan melihat cahaya dan bintik hitam serta penglihatan yang menjadi buram dan tidak fokus.

Mata lelah

Mata lelah biasanya terjadi karena sering menatap layar gadget terlalu lama. Hal ini membuat pandangan jadi kabur karena mata kelelahan dan jadi tidak fokus. Untuk mengurangi gejala ini, sebaiknya kurangi waktu menatap layar gadget.

Tekanan darah tinggi

Penderita tekanan darah tinggi juga biasanya mengalami pandangan kabur. Hal ini karena stroke mini bisa menyerang mata atau disebut vein occlusion. Pandangan kabur biasanya terjadi hanya pada salah satu bagian mata saja. 

Terjadi benturan ringan

Benturan yang terjadi di kepala juga menjadi penyebab pandangan jadi kabur. Selain itu, hal ini bisa membuat seseorang tidak fokus dan lurus ketika melihat objek.

Konjungtivitis atau pink eye

Konjungtivitis merupakan kondisi peradangan pada bagian konjungtiva yang membuat mata menjadi merah dan juga pandangan jadi buram. 

Hamil

Saat kita hamil juga bisa membuat pandangan jadi kabur dan penglihatan jadi ganda (diplopia). Hal ini biasanya terjadi karena perubahan hormon pada ibu hamil yang membuat ketebalan kornea berubah, sehingga membuat pandangan jadi kabur.

Stres

Mengalami stress juga bisa membuat pandangan jadi buram. Hal ini karena hormon adrenalin menekan mata dan pupil sehingga melebar dan tidak bisa dikendalikan. Pupil mata yang melebar tidak bisa melihat objek dengan jelas. 

Itu dia 10 penyebab umum pandangan kabur. Jika mengalami gejala dengan waktu yang cukup lama sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *